Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Agu 2019 14:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Gunung Galunggung, Destinasi Wisata Ramah Anak

Foto 1 dari 5
Me and Maharanu, Gunung Galunggung.
Me and Maharanu, Gunung Galunggung.
detikTravel Community -

Gunung Galunggung bisa menjadi pilihan traveler bagi yang ingin mendaki bersama si kecil. Destinasi wisata masyarakat yang aman dan ramah anak, ini pengalaman pertama mendaki bersama si buah hati.

This is our extraordinary travelling. Akhir Bulan Juli kemarin, saya dan keluarga pergi wisata ke kawasan Wisata Gunung Galunggung, Tasikmalaya. Saya sangat antusias, karena ini kali pertama Maharanu si buah hati yang baru berusia 13 bulan, bertemu dengan gunung.

Saya dan suami sama-sama suka naik gunung, nama Maharanu pun kami ambil dari lokasi bersejarah untuk kami, Gunung Mahameru dan Danau Ranu Kumbolo. Itulah kenapa, kami berharap si kecil juga mencintai gunung seperti kami.

Bersama Maharanu kita berada di tangga terbawah Gunung Galunggung. Menatap jalan panjang nan menanjak, 620 anak tangga bukan main.

Satu per satu anak tangga saya jejaki, si kecil saya gendong sambil dibisiki betapa nikmatnya mendaki gunung dan ia hanya tertawa-tawa, ceria sekali. Sesekali ia meminta turun, saya pun membimbingnya dengan sabar menapaki anak tangga.

Kaki kecilnya perlahan melangkah, terkadang tak fokus pada langkah karena teralihkan pemandangan sekitar, lalu mulai berjalan lagi. Selangkah, dua langkah lalu merasa lelah dan ingin berhenti.

"Tak apa nak, hidup memang begitu, tak ada jalan yang mulus dan lurus, selalu menanjak dan kadang menurun". Rasa lelah itu wajar, teralihkan fokus pun wajar, namun semangat dalam diri dan dukungan orang terkasih mampu mengatasi itu semua.

Mamah yang akan mendampingimu mencapai puncak gunung kehidupan. "Mari, nak, melangkah lagi, jadilah anak yang tangguh dan kuat seperti nama yang kamu sandang, berbakti pada kedua orang tua dan hidup berbahagia".

Betapa ceria dan bahagianya si kecil saat tiba di puncak tangga, tertawa girang menikmati cahaya matahari dan angin semilir. Bahagia sekali sampai di tujuan kita bukan?

Saya bahagia bisa mengajak Maharanu mendaki gunung pertamanya, mengenalkannya pada konsep kehidupan dalam usianya yang masih dini. Kelak, kita mendaki ke gunung yang lebih tinggi, ya? atau mau ke Dubai dulu? tak ada salahnya sowan ke negara orang, mengenali kebudayaannya, mempelajari kehidupannya, tak ada yang mubazir dari sebuah perjalanan. Mau yang mana dulu nak?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Mural di Kanada Keren Banget!

Senin, 26 Agu 2019 06:56 WIB

Lupakanlah grafiti yang asal-asalan, sekarang zamannya mural yang keren menghias kota. Di Quebec, Kanada mural bisa jadi keren banget.