Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jan 2020 10:36 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Kanawa, Keindahan Tersembunyi Labuan Bajo

Bayu Fitri Hutami
d'travelers
Foto 1 dari 5
Dermaga Pulau Kanawa Labuan Bajo
Dermaga Pulau Kanawa Labuan Bajo
detikTravel Community - Pulau Kanawa adalah salah satu kepulauan yang ada di Labuan Bajo. Keindahan tersembunyi ini wajib traveler kunjungi bila liburan ke sana.

Terletak 15 km dari Labuan Bajo, pulau ini sangat indah dan jauh dari keramaian. Akses menuju tempat ini dapat di tempuh menaiki perahu layar yang di sewa dari Dermaga Ujung labuan Bajo dengan waktu tempuh dua jam perjalanan.

Pulau Kanawa berada terdepan sebelum kita masuk menjelajah Pulau Komodo. Jadi bisa dikatakan pulau ini adalah pintu gerbang bagi wisatawan jika ingin berlayar mengelilingi pulau-pulau yang bertebaran di sekitar Labuan Bajo.

Saya mengikuti trip sailing komodo ketika mengunjungi tempat ini. Kapal layar tidak di perbolehkan metrapat di bibir pantai Pulau Kanawa karena takut merusak terumbu karang. Alhasil kapal harus membuang jangkar di tengah laut dan penumpang di pindahkan ke kapal motor yang lebih kecil untuk mencapai bibir pantai.

Kapal motor kecil akan merapat di dermaga panjang Pulau Kanawa. Selanjutnya kita harus berjalan kaki menyusuri dermaga untuk sampai di bibir pantai Pulau Kanawa. Di bawah kayu dermaga banyak ikan hias yang bolehpengunjung berikan makan berupa roti tawar yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Setelah tiba di bibir pantai saya menyaksikan hamparan pasir putih dan suasanan Pulau Kanawa yang jauh dari keramaian. Pulau Kanawa dengan luas 32 ha, mempunyai fasilitas penginapan berupa bungalow yang bisa di sewa oleh wisatawan. Namun wisatawan yang hanya ingin bermain dan menikmati suasana pulau juga diperbolehkan.

Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini snorkling dan diving. Di perairan dangkal sudah terlihat aneka terumbu karang dan ikan hias kecil warna warni yang sesekali melintasi terumbu karang.

Apabila hanya ingin bermain di bibir pantai, kita bisa berswafoto dengan banyak spot foto instagramable seperti ayunan kayu, pohon dengan ranting unik atau hanya duduk dan bermain di hamparan pasir putih nan bersih.Suasana di sini sangat panas. Jadi gunakan pelindung mata seperti topi atau kacamata dan tabir surya untuk kulit supaya tidak terbakar.

Oh iya, di sini juga ada bukit yang bisa kita capai dengan treking. Bukit Kananwa ini tidak terlalu tinggi. Dari atas bukit kita bisa melihat birunya langit dan hamparan laut lepas di bawah sana. Sesekali angin laut berhembus semilir membuat suasana yang sepi menambah damai di hati.

Pulau Kanawa yang indah dan sepi ini cocok sekali bagi traveler yang sedang mencari inspirasi atau sedang ingin menyendiri dan membutuhkan ketenangan karena jauh dari keramaian namun pemandangannya sangat indah sekali. Jadi jika sudah sampai Labuan Bajo jangan lupa singgah di Pulau Kanawa.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA