Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Mei 2020 09:31 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenang ArtJog MMXIX, Pameran Seni yang Tak Biasa di Yogya

nias uciyanti
d'travelers
Foto 1 dari 5
Begitu sampai di Jogja National Museum, traveler akan disambut bangunan dengan nuansa serba putih.
Begitu sampai di Jogja National Museum, traveler akan disambut bangunan dengan nuansa serba putih.
detikTravel Community -

Pameran seni tahunan terbesar di Yogyakarta, ArtJog memang sudah berlalu. ArtJog MMXIX mengusung tema Arts in Common, sebuah pameran seni yang tak biasa.

Sama seperti tahun sebelumnya, acara ArtJog digelar di Jogja National Museum yang beralamatkan di Jalan Prof Dr Ki Amri Yahya, Pekuncen, Wirobrajan, Yogyakarta.

Untuk para traveler yang menggunakan transportasi umum seperti saya, bisa menggunakan alternatif bus trans jogja dengan tiket Rp 3.500. Menggunakan bus jalur 2B, traveler bisa turun di halte Cokroaminoto 1, lalu lanjut jalan kaki tidak sampai lima menit.

ArtJog 2019 bisa didatangi setiap hari sampai tanggal 25 Agustus 2019, pukul 10.00-21.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya sendiri Rp 50.000 per orang.

Selain memamerkan berbagai macam hasil karya seni, Artjog bisa jadi wahana berswafoto. Hasil karya seni menghasilkan latar foto yang keren. Pastilah jadi buruan para traveler yang hobi berswafoto.

Namun, perhatikan juga peraturan yang ada, salah satunya larangan menggunakan tongkat narsis. Jangan sampai keasyikannya traveler mengganggu traveler lain, mengingat tempatnya yang hampir selalu padat pengunjung.

Traveler bukan anak seni? Tenang, tetap bisa menikmati pamerannya kok. Setiap hasil karya yang ditampilakan, ada penjelasannya. Penjelasannya itu tertempel di tembok dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia.

Mau lebih seru? Traveler bisa ikut Curatorial Tour. Curatorial tour adalah kegiatan tur mengelilingi ruang pameran dengan didampingi pemandu. Jadi, pemandu akan menjelaskan mengenai karya-karya seni yang ada. Itu bisa menjadi kesempatan untuk bertanya lebih banyak tentang karya pameran.

Selain Curatorial Tour, ada banyak keseruan lainnya, seperti Meet the Artist, traveler bisa berinteraksi langsung dengan seniman yang terlibat dalam pagelaran ArtJog.

Ada lagi Leksikon, yaitu seniman melakukan presentasi yang bisa disaksikan traveler. Tidak hanya presentasi, adakalanya seniman memberi workshop atau menunjukkan kemampuan seninya secara langsung.

Satu lagi yang tidak boleh terlewat adalah Daily Performance, pertunjukkan seni yang bisa disaksikan langsung di panggung yang tersedia.

Salah satu yang spesial dalam ArtJog MMXIX adalah traveler bisa melihat langsung sebuah karya dari Riri Riza, salah satu sutradara kenamaan di Indonesia.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA