Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Okt 2019 14:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenal Masjid Tertua di Malaysia

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Para pengunjung diharuskan memakai pakaian yang tertutup
Para pengunjung diharuskan memakai pakaian yang tertutup
detikTravel Community - Masjid Jamek merupakan salah satu mesjid tertua di Kuala lumpur, Malaysia. Mari kita masuk ke dalamnya.

Masjid Jamek merupakan salah satu mesjid tertua yang ada di Kuala Lumpur. Terletak di persimpangan Sungai Klang dan Sungai Gombak, masjid ini dibangun pada zaman penjajahan Britania oleh pedagang-pedagang Islam yang berasal dari India.

Masjid yang kental dengan arsitektur gaya Moor dan Mughal serta didominasi warna putih dan coklat ini didesain oleh Arthur Benison Hubback. Dibuka secara resmi oleh Sultan Selangor pada tahun 1909.
Masjid Jamek memiliki area yang cukup luas. Memiliki 3 kubah, yang terbesarnya memiliki tinggi 21.3 meter.

Saat memasuki masjid, pengunjung yang berpakaian tidak tertutup akan dipinjamkan jubah yang menutupi tubuh hingga ujung kaki. Tidak hanya untuk wanitanya, tetapi juga pria.

Bangunan utama masjidnya sendiri tidak terlalu besar. Sebagian besar ruangan diperuntukan untuk tempat ibadah pria, sedangkan untuk wanita memiliki tempat yang tidak terlalu luas di bagian kiri.

Sebagai salah satu tujuan wisata utama di Kuala Lumpur, di dalam masjid terdapat beberapa orang yang menjelaskan mengenai Islam kepada para wisatawan, dibantu dengan papan-papan informasi yang bisa dibaca oleh wisatawan.

Di antaranya adalah mengenai rukun iman, islam, juga makna surat Al-fatihah. Tidak jarang juga ada yang berdiskusi panjang untuk mengetahui lebih banyak mengenai Islam.

Di depan bangunan utama masjid terdapat sebuah air mancur yang menyegarkan terlebih di siang hari yang terik. Berada disini, sungguh menenangkan hati dan pikiran.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA