Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Okt 2019 12:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Bulat, Bekas Tempat Liburan Keluarga Cendana

Widiarini
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bangunan tinggi di depan dermaga
Bangunan tinggi di depan dermaga
detikTravel Community - Mungkin, belum banyak traveler yang tahu tentang Pulau Bulat. Inilah salah satu pulau di Kepulauan Seribu, tempat liburan Keluarga Cendana di zaman dulu.

Buat sebagian besar orang nama Pulau Bulat memang masih terdengar asing, padahal letaknya tidak jauh dari Jakarta. Sangat dimaklumi karena nama Pulau Buat sendiri bak tak tertera dalam peta, meski begitu di pulau ini menyimpan jejak kejayaan masa silam keluarga penguasa yang lekat dengan kehidupan bangsa kita. Menarik bukan?

Secara administratif Pulau Bulat masuk ke dalam Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Mencapai ke sini bisa dengan perahu bermotor menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit dari Pulau Harapan. Sesuai dengan namanya, Pulau Bulat ini jika dilihat dari atas berbentuk bulat. Tidak terlalu luas, hanya menghabiskan waktu kurang dari dua jam untuk mengelilingi pulau ini berjalan kaki.

Dari kejauhan, sebelum masuk ke Pulau Bulat ini kita akan melihat garis pantai berpasir putih dengan waran air laut gradasi biru tua, Biru muda dan Tosca. Airnya jernih hingga dasar laut, terumbu karang dan ikan berwarna-warni berenang kesana kemari terlihat jelas dari atas perahu. Menunggu perahu diparkir dekat dermaga, kita bisa merasakan kesejukan angin sepoi-sepoi dan rindang hijau pepohonan di pulau ini.

Pertama kali menginjakan kaki di Pulau Bulat kita akan disambut dengan rangka bangunan menjulang tinggi dengan tangki air di atasnya. Masuk lebih kedalam ada jalan setapak yang tertutup daun kering.

Sebuah WC umum, rumah tua yang sudah rusak dan bolong-bolong. Sempat terfikir kalau pulau ini dulu pernah ditinggali, namun sekarang sudah ditinggalkan dan tak diurus. Ternyata tebakan tersebut benar setelah mendengar informasi dari tour guide kalau pulau ini pulau milik keluarga Cendana. Wow!

Selain rumah tua tadi, di pulau ini terdapat pendopo luas, villa mewah dua lantai, helipad, speedboat dan bangunan penyimpanan mesin jetset. Meski fasilitas yang mendukung cukup banyak, namun sebagian besar sudah tidak berfungsi sama sekali. Hanya menyimpan kenangan sisa kejayaan Keluarga Cendana masa lampau.

Pulau Bulat ini memang bukan merupakan tujuan utama para pelancong bila berkunjung ke Kepulauan Seribu, namun untuk pemburu sunset Pulau Bulat merupakan salah satu list wajib untuk didatangi.

Sensasi menanti sunset diatas hamparan pasir putih, air laut jernih dan suasana pulau yang tenang bisa menjadi makanan bagi jiwa yang gersang terpapar polusi ibukota. Kalau lapar atau haus jangan takut karena di sini ada warung kecil yang dikelola penjaga pulau. Eits, tapi jangan lupa membuang sampah bekas makan dan minum di tempatnya ya!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA