Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Mar 2020 11:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bertemu Gajah Sumatra Lucu di Bengkulu & Mandi Bareng

Eko tarnando
d'travelers
Foto 1 dari 5
Robi, 24 Tahun
Robi, 24 Tahun
detikTravel Community - Di Taman Wisata Alam Seblat (TWA Seblat), Bengkulu traveler bisa bertemu dengan gajah-gajah Sumatra yang lucu, bahkan ikut memandikannya.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman perjalanan saya di Bumi Rafflesia. Wisata yang saya kunjungi kali ini adalah Taman Wisata Alam Seblat (TWA Seblat). TWA Seblat memiliki luas kurang lebih 6.000 hektar dan dihuni berbagai Satwa dan Fauna.

Untuk sampai ke TWA Seblat, saya melakukan perjalanan mengunakan sepeda motor. Waktu yang ditempuh kurang lebih 4-5 jam dari Kota Bengkulu dan dilanjutkan menyeberangi sungai Seblat mengunakan perahu untuk sampai ke TWA Seblat.

Tujuan saya ke TWA Seblat adalah untuk melihat dan lebih mengenal gajah Sumatra yang ada di TWA Seblat, untuk memasuki TWA Seblat kita harus memberi tahu kepada pihak TWA Seblat terlebih dahulu karena TWA Seblat bukan tempat wisata umum.

Gajah Sumatra

TWA Seblat memiliki 12 gajah Sumatra 4 jantan 8 betina dan setiap gajah memilki pawang masing-masing. Setiap gajah memiliki nama:

1. Dino
2. Robi
3. Ucok
4. Bona
5. Devi
6. Desi
7. Darmi
8. Mega
9. Darmi
10. Darma
11. Nelson
12. Anggraini

Bona adalah primadona dan paling muda di TWA Seblat, karena Bona memiliki cerita yang sedih, dia tertinggal rombonganya di tengah hutan saat dia masih kecil dan di temukan pihak TWA Seblat saat sedang patroli di hutan.

Di TWA Seblat kita bisa ikut memberi makan gajah dan memandikan gajah di sungai, waktu memandikan gajah ada di pagi hari dan sore hari. Kita juga bisa menginap di TWA Seblat, apabilah tidak membawa tenda kita bisa menyewa kamar yang tersedia di resort TWA Seblat.

Gajah sama seperti manusia tidak menyukai cahaya sinar ultraviolet yang menyebkan kulit gajah bisa terbakar. Biasanya gajah menyemburkan air dan meluluri kulitnya dengan lumpur mengunakan belalainya.

Memandikan gajah

Setelah memandikan gajah kami langsung mengantarkan dia ke tempat makanannya. Dilarang mendekati gajah tanpa pawang dan menaiki gajah menggunakan pelana ataupun alat lainnya

Saat ke TWA Seblat pastikan kalian menggunakan kartu Telkomsel karena hanya Telkomsel yang memiliki jaringan di TWA Seblat.

Untuk biaya masuk TWA Seblat Rp 6.000, Ikut memandikan gajah Rp 50.000, Uang kebersihan Rp 30.000, Uang perahu PP Rp 10.000.

Jika hanya ingin berfoto bersama gajah bisa menunggu gajah menjemput pakan tambahan di bekas kaki jembatan pada sore hari.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA