Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Sep 2019 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenal Cikal Bakal Mobil Listrik Indonesia

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Mobil listrik Tuxuci masih bisa ditemukan di Museum Angkut Kota Batu
Mobil listrik Tuxuci masih bisa ditemukan di Museum Angkut Kota Batu
detikTravel Community - Ada yang menarik di Museum Angkut di Kota Batu. Ada cikal bakal mobil listrik Indonesia yang dipamerkan!

Saat ini pemerintah sedang mengintensifkan program mobil dan motor listrik. Tapi tahukah traveller bahwa pengembangan mobil listrik di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 2012 dengan proyek mobil listrik bernama Tuxuci yang dirintis oleh Dahlan Iskan dan Danet Suryatama.

Namun sayangnya walau sempat dibanggakan sejak awal, cerita manis Tuxuci harus berakhir dengan kejadian kecelakaan pada bulan Jaunuari 2013.

Namun terlepas dari segala cerita di balik proyek mobil listrik Tuxuci tetaplah hal yang patut dibanggakan, sebab membuktikan bahwa mobil listrik bisa diproduksi oleh anak bangsa. Jika penasaran dengan wujud dari Tuxuci, traveler masih bisa menjumpainya di Museum Angkut Kota Batu.

Walaupun terdapat berbagai jenis kendaraan yang unik dan menarik di museum angkut, namun tetap saja banyak pengunjung yang masih tertarik untuk berfoto di depan Tuxuci. Walaupun kondisi Tuxuci sudah tidak lagi utuh, dan masih dibiarkan dalam kondisi aslinya selepas kecelakaan, namun tetap saja cerita menarik di baliknya tetap membuat pengunjung antusias.

Tuxuci memiliki motor listrik berkekuatan 200 kWh (268 HP), atau setara dengan 3.000 cc untuk kendaraan konvensional. Baterai yang digunakan adalah jenis Lithium Iron Phosphate atau Nano Lithium. Untuk mengisi baterai Tuxuci membutuhkan waktu 3 hingga 5 jam. Saat baterai terisi penuh mobil ini mampu menempuh jarak maksimum 321 kilometer.

Jika traveler penasaran, datang saya ke Museum Angkut yang beralamat di Jl Terusan Sultan Agung No 2, Ngaglik, Kota Batu. Mobil listrik Tuxuci ini bisa ditemukan di hall pameran lantai dua. Walaupun tidak utuh lagi, namun sisi elegan dan model kerennya masih bisa kita nikmati sampai saat ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA