Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Okt 2019 21:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Sungai Berwarna Biru di Raja Ampat

fahmi salama
d'travelers
Foto 1 dari 5
KALIBIRU
KALIBIRU
detikTravel Community - Raja Ampat tak hanya punya gugusan pulau karang yang cantik. Satu lagi, Kalibiru si sungai yang berwarna biru!

Kata orang, Raja Ampat itu adalah serpihan surga yang jatuh ke bumi, karena saking indahnya. Mungkin ada benarnya, tidak percaya? Coba tengok salah satu spot terindah di sini, namanya Kalibiru.

Kenapa dinamakan Kalibiru? Karena warna air di sungai itu berwarna biru jernih, alami, tanpa pewarna buatan ataupun hasil limbah pabrik. Warga lokal menyebut tempat ini Warabiae, yang artinya sungai berwarna biru jernih.

Memang belum setenar Wayag atau Piaynemo, tapi Kalibiru ini punya keindahan khas tersendiri. Kalibiru ini terletak di pedalaman hutan Papua Barat yang masih perawan. Kurang lebih butuh waktu tempuh 1 jam dari Waisai dengan speedboat. Setelah itu kalian diharuskan trekking melewati hutan selama kurang lebih 15 menit dari muara tempat speedboat bersandar.

First impression teman-teman saya saat liat Kalibiru?

"Wooow, so magical!" kata Agung, 22 tahun.

"Seger!" kata Hendika, 23 tahun.

"Unbelievable, gue langsung terpana melihat keindahan Kalibiru. Walau cuma dari foto," kata Charles, 20 tahun padahal dia belum pernah ke sana.

Seindah itukah? Iya, indah banget! Bahkan media asal Inggris, The Sun pernah mengulas tentang kalibiru di tahun 2018 lalu. Mereka menulis Kalibiru sebagai 'Beautiful Turqoise River in Indonesia shines so bright it looks like it has underwater lighting'.

Saya sendiri ternganga saat pertama kali lihat. Benar-benar jernih sampai bisa lihat ke dasarnya. 10 Detik awal setelah lihat, pasti langsung terbesit di pikiran untuk nyebur.

Percayalah guys, airnya itu seger seperti kata si Hendika tadi. Kalau nggak percaya sliahkan datang dan coba masukin botol minuman ke dalamnya. Hasilnya air botol itu langsung berembun kayak habis masuk kulkas.

Tapi jangan ditinggalin ya botol sama sampah kalian di sana. Kalibiru ini salah satu tempat wisata yang paling perawan yang pernah saya kunjungi. Belum ada ulah jahil tangan manusia yang merusak di sana. Lets keep it that way.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA