Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Okt 2019 13:26 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Siompu Barat, Surga Tersembunyi di Sulawesi

Rizal Andi Pratama
d'travelers
Foto 1 dari 5
Dermaga Lagila dan tempat bungge jumping
Dermaga Lagila dan tempat bungge jumping
detikTravel Community - Sudah tahu bahwa Sulawesi Tenggara juga punya tempat jelita bernama Pulau Siompu? Keindahan alam laut di sana membuatnya bagaikan surga tersembunyi.

Sulawesi Tenggara bukan hanya Wakatobi, yang memang memiliki keindahan alam laut. Masih ada surga tersembunyi di pulau-pulau kecil yang mengelilinginya salah satunya Pulau Siompu di kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Melakukan perjalanan dari kota Surabaya melalui transportasi laut dengan menggunakan kapal dobonsolo dari Pelni, butuh waktu 3 hari perjalanan untuk sampai ke sana. Dengan Rp 380 ribu, kita dapat menuju kota Bau-Bau dan melanjutkan perjalanan ke Pulau Siompu melalui dermaga Bau-Bau dengan menggunakan speed boat mutiara laut. Ongkos naik speed boat menuju Pulau Siompu dapat ditebus dengan uang Rp 30 ribu.

Banyak spot tersembunyi untuk menikmati keindahan Pulau Siompu yang terbagi menjadi dua wilayah, yakni Siompu Timur dan Siompu Barat. Untuk perpindahan dari Pulau Siompu Timur dan Barat cukup dengan menaiki speed boat dari dermaga Bau-Bau.

Pulau Siompu Barat menyimpan surga tersembuyi yang patut dijelejahi oleh para traveler. Baru sampai dermaga Lagila Siompu Barat, sudah ada pemandangan air laut super jernih dan tebing-tebing tinggi yang langsung mengarah langsung ke laut. Pencinta bungee jumping sangat disarankan mencoba terjun langsung ke laut.

Kedalaman laut yang memadai untuk bungee jumping dan jernihnya air laut menjadi sensasi tersendiri ketika terjun bebas ke laut. Eits, tidak hanya bungee jumping saja. Kita juga bisa melakukan diving maupun snorkling di perairan luat Siompu Barat. Biota laut yang masih terjaga dan ekosistem lautnya menjadi daya tarik mengeksplorasi Pulau Siompu Barat.

Tidak jauh dari lokasi bungge jumping, kita bisa menikmati keindahan Goa Oe'lalo yang memiliki kandungan air payau jernih dan cocok untuk berenang ketika sudah selesai bungge jumping ke laut. Akses menuju Goa Oe'lalo cukup membutuhkan ekstra tenaga, pasalnya jalan menuju ke dasar Goa Oe'lalo harus menuruni anak tangga dari kayu yang dibuat dengan tali tampar dan di paku ke sebuah pohon. Dibutuhkan kehati-hatian untuk menuruni anak tangganya agar bisa menikmati segarnya air dan berenang di Goa Oe'lalo.

Selain wisata alamnya, kita bisa menikmati mencari biota laut untuk dimakan ketika malam hari tiba. Masyarakat Siompu Barat memanfaatkan surutnya air laut untuk mencari kerang, kepiting, cumi, gurita, dan ikan-ikan kecil. Setelah mendapatkan hasil menyulu yang cukup banyak, masyarakat langsung memasak dan menyantapnya sebagai lauk malam hari. Ketersediaan sumber daya alam yang melimpah di Pulau Siompu Barat membuat masyarakat setempat memanfaatkannya untuk mencari biota laut sebagai komoditinya sekaligus penghasilan masyarakat Siompu Barat.

Selama perjalanan menuju Pulau Siompu Barat, jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung dan bermalam dengan tenda di Pulau Ular. Walau namanya seram, keheningan di sini memunculkan sensasi menikmati pulau pribadi. Tidak adanya pemukiman dan jauh dari kata keramaian membuat Pulau Ular patut dicoba para traveler. Berenang pun bisa saja dilakukan.

Namun, tetap waspada. Pulau Ular masih terjaga dan alami, sehingga banyak ular-ular laut berenang di sekitaran Pulau Ular. Ketika bermalam di Pulau Ular pun wisatawan tetap mesti menjaga diri dan selalu waspada.

Berkunjung ke Sulawesi Tenggara bukan hanya Wakatobi saja, tetapi bisa pula eksplorasi pulau-pulau kecil yang memiliki surga tersembunyi di Sulawesi Tenggara. Tertarik untuk menjelajah Pulau Siompu?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA