Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jan 2020 14:04 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bermodal Rp 300 Ribu Saja, Bisa Keliling Singapura

Risa Sondari
d'travelers
Foto 1 dari 5
Traveling, bukan tentang seberapa besar uang yang kita bawa, tapi seberapa besar kita menikmati setiap perjalanannya.
Traveling, bukan tentang seberapa besar uang yang kita bawa, tapi seberapa besar kita menikmati setiap perjalanannya.
detikTravel Community -

Singapura terkenal sebagai salah satu negara yang mahal. Tapi bukan berarti kita gak bisa menghemat budget untuk liburan ke sini. Modal Rp 300 ribu bisa kok!

Singapura adalah salah satu negara yang bisa di jadikan pilihan untuk menghabiskan akhir pekan, atau bisa juga pilhan untuk kamu yang baru pertama kali ingin memulai Solo Backpacking.

Mungkin kok! Gak ada yang gak mungkin di dunia ini. Saya Solo Backpacker yang punya tantangan buat bisa explore suatu negara dengan Budget 30 Dollar saja. Yang kali ini aku ambil dengan kurs SGD yah, jadi dengan 30SGD aku bisa Explore Singapura 2 hari 1 Malam.

Sebelumnya udah beberapa kali bolak balik ke Singapura jadi udah paham banget sama negara ini. Perjalanan kali ini saya jalan 2 hari 1 malam. Dimana saya berangkat pada hari Jumat malam pulang hari minggu malam waktu Singapura. Sengaja pilih Jumat Malam biar besok nya bisa explore pagi-pagi, karena landingnya sudah larut malam saya memutuskan untuk menginap di bandara saja.

Jum'at pagi saya sudah siap bergegas untuk menuju kota. Saya naik MRT Dari changi menuju Harbourfront, ingin main dan menikmati Sentosa di pagi hari. Eitts, tapi sebelumnya, jangan lupa untuk berkunjung ke Jewel yang ada di Changi.

Untuk perjalanan kali ini saya menggunakan kartu debit Jenius untuk menikmati transportasi di Singapura. Yak, buat kamu yang gak punya Ezlink, Jenius bisa menjadi pilihan untuk jadi kartu sakti selama di Singapura. Tinggal Tap, langsung jalan.

Perjalanan dari MRT Harbourfront ke Sentosa kurang lebih 15 menitan jalan kaki. Saya memilih jalan kaki karena biar bisa sekalian olahraga dan menikmati udara pagi (Alesan aja sih, padahal ngirit budget hehehe). Jalan jalan santai di sekitaran Universal Studios Singapura, buat foto-foto dan menikmati suasana pagi.

Hari sudah mulai beranjak siang, perjalanan di lanjutkan ke Bugis. Mulai dari berburu makanan di Bugis Junction, di lanjutkan main ke Bugis Street, Haji Lane, Masjid Sultan. Setelah puas mengunjungi Bugis Area, perjalanan di lanjutkan ke Clarke Quay, jalan kaki lurus sampai Merlion, Esplenade dan terus jalan kaki sampai Marina dan berakhir di Garden by The Bay sambil menanti lampu-lampu indah di Garden By The Bay menyala.

Malam mingguan di temani secangkir kopi sevel dan Subway dengan pemandangan malam Garden by The Bay yang indah tak membuatku merasa kesepian walau aku datang seorang diri.

Malam makin larut, lelahpun makin menyeliputi, mungkin ini saatnya Saya untuk pulang ke Hotel dan beristirahat. Harga akomodasi di Singapura memang terbilang mahal, tapi bukan berarti kita gak bisa dapatin harga murah.

Banyak sekali website yang menawarkan promo-promo miringnya untuk hotel, tinggal rajin nyari aja. Atau biar bisa menghemat budget Saya memilih, untuk menukar point di salah satu Online Travel Agent agar bisa menginap gratis (Maklum Budget Minim, harus cari cara biar bisa murah dan juga gratis).

Keesokan harinya, Pagi-pagi hari Saya sudah bergegas menuju Singapura Botanic Garden untuk ber-jogging ria. Padahal kalau di rumah mah boro-boro buat olahraga, bangun dari tempat tidur aja males. Tapi, pada kenyataannya baru lari beberapa meter aja udah ngos-ngosan, mari kita lanjutkan dengan jalan kaki santai saja.

Setelah puas berjalan kaki di Singapura Botanic Garden saya memutuskan kembali ke hotel, untuk sarapan (jangan lupa ambil beberapa roti untuk di jadikan bekal), mandi, berkemas lalu checkout. Oh iya, selama melakukan perjalanan, aku gak pernah ribet untuk barang bawaan. Satu tas daypack, selalu cukup untuk berpergian 2-4 hari.

Hari sudah semakin siang, setelah checkout Saya langsung menuju Orchard Road untuk bertemu dengan salah satu teman yang tinggal di sini. Ngecafe cantik di traktir temen. Bawa uang saku Cuma 20SGD (dengan 10SGD di dalam kartu jeniusku), bisa ngopi enak di pinggiran Orchard.

Nikmatnya punya temen yang tersebar di beberapa negara. Kalau udah ketemu temen waktu emang terasa cepat banget. Padahal masih ingin ngobrol banyak hal, tapi waktu sudah menyuruhku untuk bergegas kembali ke Airport. Sampai bandara ternyata lebih cepat dari dugaan, mari kita pergunakan sisa waktu ini untuk berkeliling di sekitaran Bandara saja.

Untuk pengaturan Budget 30SGD, 10SGD untuk transportasi (sudah aku simpan didalam jenius), 20SGD untuk makan dan jajan, berupa (Subway, Roti, Kopi dan Snack Sevel). Selama traveling, aku selalu jadi anak Sevel abis. Karena emang beneran bisa hemat banget. Kalau gak ke Sevel larinya ke Value $ biar bisa beli snack dan minuman yang seharga 1 dollar saja. Jadi, liburan ke Singapura bisa hemat kan?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA