Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 14:13 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Pantai Asyik di Yogyakarta dan Sekitarnya

Yasa Sidik Permana
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gondola pantai Timang yang memacu adrenalin
Gondola pantai Timang yang memacu adrenalin
detikTravel Community - Yogyakarta dan sekitarnya punya berbagai wisata alam, salah satunya pantai. Berikut 5 pantai unik yang sayang traveler lewatkan kalau jalan-jalan ke sana.

Jika hari libur tiba, Yogyakarta selalu ramai dipadati wisatawan dari dalam Kota, luar Kota hingga Mancanegara. Tidak berlebihan jika Saya bilang Yogyakarta memiliki ratusan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, karena faktanya berbagai jenis wisata dimiliki oleh provinsi seluas 3.185,80 km2 ini. 

Yogyakata terbagi menjadi 4 Kabupaten dan 1 Kota, di mana setiap Kabupaten/ Kotanya memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda sehingga potensi alam masing-masing wilayah juga berbeda, hal ini yang membuat Yogyakarta memiliki destinasi yang beragam dengan ciri dan keunikan tersendiri.

Ada beberapa jenis wisata yang menjadi daya tarik Yogyakarta, jenis wisata tersebut antara lain adalah wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata belanja, wisata kuliner, dan wisata alam. Jika kita berbicara tentang wisata alam yang dimiliki Yogyakarta pasti tidak akan ada habisnya. Mulai dari wisata minat khusus, air terjun, goa, bukit, hutan, taman, embung, pantai dan masih banyak lainnya.

Pantai menjadi salah satu wisata alam yang diminati oleh wisatawan, ada tiga Kabupaten di Yogyakarta yang memiliki wisata pantai, yaitu Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunung Kidul. Masing-masing pantai disetiap Kabupaten tersebut memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri, sehingga wisatawan bisa memilih destinasi sesuai dengan aktivitas yang diinginkan, seperti berenang, snorkeling, berselancar, trekking, camping, menikmati kuliner, memancing, mengabadikan indahnya sunset, dan masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan para pengunjung.

Jika teman-teman ingin beriwisata ke Yogyakarta kini tidak perlu binggung lagi, dengan memasuki site atau download aplikasi https://www.tiket.com/ teman-teman bisa memesan segala kebutuhannya ketika travelling mulai dari keberangkatan, penginapan dan trasnportasi selama dikota tujuan hingga kepulangan. Melalui https://www.tiket.com/ Kita bisa memesan tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, hingga sewa mobil untuk berkeliling Yogyakarta. 

Nah, pada tulisan kali ini Saya akan berbagi pengalaman ketika berkunjung ke 5 destinasi wisata pantai di Yogyakarta, di  mana disetiap destinasi pantai ini memiliki ciri dan keunikan sendiri, berikut 5 destinasi wisata pantai di Yogyakarta yang menjadi favorit Saya.

1. Pantai Timang

Pantai Timang terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapai pantai Lolang pengunjung bisa menggunakan jasa Jeep yang memang sudah disediakan oleh pengelola pantai Timang karena akses jalan menuju bibir pantai cukup sulit dilalui karena mayoritas melewati jalan berbatu dengan kontur naik-turun. Kenapa pantai Timang begitu spesial ? Ya, banyak alasan yang menjadikan pantai ini begitu spesial.

Pertama, karena keberadaan gondola, pantai Timang terkenal hingga mancanegara. Kedua, karena pulau yang berada diseberang bibir pantai Timang adalah habitat lobster, sehingga bagi pengunjung yang usai berwisata adrenalin dengan menaiki gondola pantai Timang bisa langsung menyantap lezatnya lobster segar, menarik bukan ?

2. Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal Pantai Parangtritis, pantai yang menjadi salah satu ikon wisata Yogyakarta ini memang menjadi tujuan favorit wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota. Pantai Parangtritis berjarak sekitar 28 km dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, DIY.

Pantai berpasir hitam ini memiliki sebuah bukit yang biasa disebut paralayang Parangtritis oleh kebanyakan orang. Letaknya sekitar 500 meter disebelah barat area pantai. 

Dari atas bukit paralayang Parangtritis, wisatawan bisa menyaksikan keindahan pantai Parangtritis dari sudut yang berbeda. Waktu terbaik untuk menikmati panorama dari atas bukit ini adalah sore menjelang matahari tenggelam. Dari atas bukit ini, pengunjung bisa melihat matahari turun perlahan lalu tenggelam ditengah lautan.

3. Pantai Wediombo

Kata Wediombo terdiri dari 2 kata yang memiliki arti. Wedi yang bermakna pasir dan Ombo: luas, sehingga Wediombo memiliki arti pasir yang luas. Sesuai namanya, pantai Wediombo memiliki garis pantai yang sangat luas, dan mungkin yang terluas di DIY.

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, DIY ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan karena fasilitas yang lengkap dan memadai. Traveler juga bisa melakukan banyak aktivitas di sini. 

Ikon dari pantai Wediombo adalah adanya laguna yang berada di sudut timur area pantai Wediombo. Laguna ini menjadi daya tarik ampuh untuk menggaet wisatawan.

Selain menyajikan pemandangan indah pantai ini juga memberikan sensasi mendebarkan. Terlebih jika air laut pasang maka beberapa menit sekali akan datang ombak besar yang menghantam dinding karang dan airnya menyembur keatas laguna.

4. Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di ujung barat propinsi DIY. Letaknya tidak jauh dari perbatasan DIY dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, tepatnya berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, DIY. 

Pantai Glagah dikenal memiliki gelombang ombak tinggi, oleh karenanya, pantai ini memiliki tetrapod/ sea wall yang berfungsi sebagai pemecah gelombang ombak. Tetrapod di Pantai Glagah dipasang mengelilingi dua buah dermaga yang menjadi ikon dari pantai ini.

Kedua dermaga yang letaknya menjorok ke laut tersebut menjadi spot favorit ketika berkunjung ke pantai Glagah. Sensasi dari hempasan ombak tinggi ketika menabrak sea wall menjadi momen yang ditungu-tunggu, di mana cipratan air yang terbawa angin membasahi siapapun disekitar dermaga. Menjelang sore, dermaga pantai Glagah semakin ramai dipadati pengunjung untuk menjadi saksi tenggelamnya sang surya ditengah lautan.

5. Pantai Widodaren

Jika ingin merasakan gregetnya diterjang ombak di atas tebing, datanglah ke pantai Widodaren yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, DIY. Untuk mencapai pantai Widodaren, pengunjung harus trekking terlebih dahulu melewati area perbukitan, lokasinya yang jauh dari jalan raya ataupun area perkampungan membuat perjalanan menuju pantai ini terasa begitu spesial. 

Dari atas tebing Pantai Widodaren, pengunjung bisa melihat dan merasakan sensasi ombak yang melambung belasan meter, ombak yang melambung kemudian membasahi bebatuan karang yang berada diatas tebing. Terciptalah genangan air asin disela-sela bebatuan, sebuah fenomena unik yang jarang ditemui di pantai lain. Pengunjung juga bisa menyaksikan lukisan alam karya Sang Pencipta ditemani teriknya matahari, suara gemuruh ombak dan sepoi angin yang meraba kulit.

Yang perlu diingat dan diterapkan ketika Kita berkunjung ke sebuah tempat wisata adalah selalu menjaga kebersihan, karena sudah menjadi tugas bersama untuk merawat dan menjaga kebersihan dari suatu lokasi wisata. Banyak wisata pantai yang belum dikelola secara maksimal oleh warga ataupun pemerintah, bahkan beberapa diantaranya masih sangat alami. 

Ketika kita berkunjung untuk menikmati keindahan dilokasi tersebut, jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang kita bawa, baik itu sampah kemasan makanan ataupun sampah lainnya. Begitu pula ketika Kita berkunjung ke lokasi wisata yang sudah dikelola dan memiliki fasilitas penunjang, maka buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA