Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Nov 2019 13:21 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Taman Sidandang Purworejo, Ragam Keseruan di Satu Tempat

Yasa Sidik Permana
d'travelers
Foto 1 dari 5
melompat dari atas tebing bebatuan di Taman Sidandang
melompat dari atas tebing bebatuan di Taman Sidandang
detikTravel Community -

Di Purworejo ada destinasi wisata apik dalam area yang rapi dan bersih, sekaligus memberi kenyamanan dan edukasi kepada pengunjung. Namanya Taman Sidandang.

Taman Sidandang terletak perbukitan menoreh, tepatnya di Dusun Kedungrante, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Luasnya perbukitan menoreh yang membentang dari Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Kabupaten Magelang Jawa Tengah selalu memberi suguhan banyak keindahan alam luar biasa dan beragam jenisnya, salah satunya adalah wisata air terjun di Taman Sidandang.

Untuk mencapai Taman Sidandang, pengunjung bisa melewati 2 rute yaitu melewati kota Purworejo dan kota Yogyakarta. Jika berangkat dari kota Purworejo, arahkan kendaraan ke timur menuju perbukitan Menoreh, dan dilanjutkan menuju Kecamatan Kaligesing. Apabila berangkat dari kota Yogyakarta bisa melewati rute Tugu Jogja - Godean - perempatan Kenteng - Kecamatan Girimulyo - Kecamatan Kaligesing. Sedangkan jika dari luar kota, wisatawan bisa memakai layanan Tiket.com yang mempermudah niatan jalan-jalan.

Untuk menemukan Taman Sidandang tidaklah sulit karena letaknya tepat di pinggir jalan utama Kaligesing. Selain itu di sekitar lokasi sudah terdapat papan petunjuk yang memudahkan pengunjung menemukan lokasi Taman Sidandang.

Taman Sidandang sendiri adalah sebuah tempat wisata yang dibuka untuk umum pada tanggal 14 Juni 2015 dan dikelola secara swadaya oleh warga Dusun Kedung Rante, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Tempat ini memiliki area cukup luas. Di dalamnya ada taman buatan dengan berbagai tumbuh-tumbuhan, Grojogan, dengan bentuk dan ketinggian beragam. Kedung/kolam alami juga hadir hampir di setiap sudut sungai dengan kedalaman beragam pula. Selain itu Taman Sidandang juga memiliki tempuran sungai (pertemuan dua aliran sungai) di lokasi yang berdekatan.

Potensi alam yang ditawarkan dari Taman Sidandang sangatlah lengkap. Destinasi ini dikelola oleh warga sekitar dengan sedemikian rupa sehingga menjadi destinasi wisata yang menarik dan cocok dikunjungi siapapun. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap dan memadai, plus tata letak yang rapi, seperti jalan setapak untuk memudahkan pengunjung berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Taman dengan berbagai tumbuh-tumbuhan yang disertai dengan papan nama tumbuhan tersebut yang juga bisa mengedukasi para pengunjung. Tak cuma itu, di beberapa titik disediakan tempat duduk dan gazebo rest area untuk beristirahat ataupun duduk sambil menikmati keindahan alam Taman Sidandang.

Kerennya lagi, tersedia tempat sampah di berbagai sudut. Ini jelas penting dalam upaya menyadarkan pengunjung akan pentingnya kebersihan di area wisata tersebut.

Untk memanjakan lidah sebelum atau sesudah bermain air, di area Taman Sidandang juga terdapat warung-warung yang senantiasa menyambut kita dengan berbagai menu makanan dan minuman. Salah satu menu andalan di sini adalah tahu dan tempe goreng yang masih hangat. Cocok sekali dinikmati setelah badan terasa dingin karena terlalu lama bermain air di area Taman Sidandang.

Terdapat tiga Grojogan di area Taman Sidandang dengan bentuk dan ketinggian yang beragam. Begitu pula dengan kedung di bawah grojogan ataupun di beberapa ruas aliran sungai juga memiliki kedung/kolam dengan kedalaman beragam. Ada yang kedalamannya sekitar 30 cm yang cocok untuk area bermain anak-anak bersama orang tua. Ada yang kedalamannya 50-100 cm, cocok untuk basah-basahan dan seru-seruan bersama teman seperjalanan. Ada pula yang kedalamannya lebih dari 5 meter dan biasanya digunakan sebagai area melompat dari atas tebing bebatuan.

Kapan main ke Taman Sidandang?

 



BERITA TERKAIT
BACA JUGA