Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Feb 2020 17:31 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Pasar Favorit Tempat Warga Singapura Belanja di Batam

Eleonora Tan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Tampak depan pasar penuin (dari pintu samping)
Tampak depan pasar penuin (dari pintu samping)
detikTravel Community - Ada satu pasar di Batam yang terkenal sebagai tempat belanja favoritnya warga Singapura. Namanya Pasar Penuin. Barang-barangnya murah lho!

Pasar Penuin adalah salah satu pasar tradisional (wet market) yang terkenal di Kota Batam, Kepulauan Riau. Kawasan Penuin terletak di Jalan Pembangunan, Kecamatan Lubuk Baja.

Pasar ini menjual beragam buah-buahan, sayuran, makanan hewani, bahan pangan, peralatan rumah tangga, warung kopi (kopi tiam), pakaian, dan lain-lain.

Kota Batam selalu identik dengan wisata belanja dan kuliner yang hampir sama dengan negara Singapura dan Malaysia (Johor Bahru). Keunikan yang muncul dalam objek wisata belanja ini berbeda dengan kawasan belanja tradisional lainnya di Kota Batam, kepulauan Riau.

Di Pasar Penuin, setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari negara Singapura dan Malaysia. Jumlah wisatawan asing yang mengunjungi ke Pasar Penuin sangat ramai di hari Sabtu dan Minggu Pagi

Menurut informasi pedagang di Pasar Penuin, kebanyakan wisatawan membeli sayuran, ikan teri, buah-buahan, dan tempe sebagai pilihan favorit bagi wisatawan asing. Di Pasar Penuin terdapat toko oleh-oleh seperti kerupuk, manisan, asinan, kue lapis, udang kering, keripik, dan lain-lain sesuai dengan kulturnya masing-masing.

Wisatawan beretnis Tionghoa (China) kebanyakan membeli makanan laut yang diasinkan dan kerupuk, sedangkan wisatawan beretnis Melayu dan India membeli bumbu, petai dan bahan pangan kemasan.

Banyak sekali wisatawan asing yang menikmati kuliner di warung kopi seperti kwetiau, mie, laksa, bak kut teh, Nasi hainam, ayam penyet, aneka sarapan pagi, pisang goreng, dan nasi campur. Mereka lebih suka menikmati kuliner di foodcourt atau di kopitiam.

Toko kopi di kompleks Pasar Penuin ini buka dari jam 06.00 Wib sampai dengan 12.00 Wib. Harga makanan per porsi mulai dari Rp 15 ribu, sedangkan minumannya mulai dari Rp 4 ribu, tergantung dari menu yang dipesan. Harga Bak kut teh berkisar antara Rp 37 ribu Rp 42 ribu.

Berdasarkan pengalaman saya menemani warga Singapura keturunan Indonesia, warga Singapura lebih membeli baju tidur untuk ukuran anak hingga dewasa, sayur yang tidak ada dijual di Singapura (misalnya: sayur asam, petai), dan cabai.

Sedangkan warga asli Singapura lebih banyak membeli buah (misal: sirsak, mangga, jeruk), dan oleh-oleh khas Batam (kue lapis, kerupuk, manisan, asinan, hasil laut yang dikeringkan, dll). Warga Tiongkok yang bekerja di Batam lebih banyak membeli ikan.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, wisatawan dapat berjalan kaki dari Batam City Hotel, BCC hotel, Gideon Hotel, dan Hotel harapan baru yang terletak di sekitar Penuin. Waktunya tidak begitu lama, hanya 5-7 menit wisatawan sudah tiba di kawasan belanja Penuin.

Selain Penuin, mereka juga menginap di apartemen seperti Nagoya Mansion, dan juga menyewa taksi langganan mereka. Mereka juga fasih berbahasa Melayu / bahasa Mandarin / bahasa Inggris / Bahasa Hokkian / Bahasa Teochew yang dapat dipahami oleh para pedagang di kawasan Penuin.

Kawasan perbelanjaan Penuin beroperasi mulai jam 05.30 Wib sampai jam 17.00 Wib. Mayoritas wisatawan berbelanja di pasar Penuin sekitar jam 08.00 sampai jam 11.00 WIB.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA