Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Nov 2019 14:29 WIB

D'TRAVELERS STORIES

13 Keajaiban yang Hanya Ada di Dubai

Renky Liniaryadi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Dubai Frame yang merupakan bingkai terbesar di dunia.
Dubai Frame yang merupakan bingkai terbesar di dunia.
detikTravel Community - Berbagai macam rekor dunia tertinggi, terbesar, terpanjang, dan termewah yang bagaikan keajaiban telah hadir di Dubai. Berikut 13 hal yang harus kamu tahu.

Kota Dubai memang penuh keajaiban. Bagaimana tidak mungkin, dalam tiga dekade terakhir, Dubai yang dulunya merupakan gurun tandus kini disulap menjadi kota mewah dengan segala kecanggihan yang ada. Wilayah yang kaya akan minyak ini menghadirkan segala ketidakmungkinan yang selama ini belum ada. Bahkan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum sang penguasa Dubai mengatakan bahwa, “Kata tidak mungkin, tidak ada dalam kamus di Dubaiâ€. Semua akan dihadirkan di sini untuk menjadi daya tarik dunia. Dan inilah berbagai keajaiban yang jadi rekor dunia yang berada di Dubai.

1. Gedung Tertinggi di Dunia

Memiliki tinggi menjulang hingga 828 meter, membuat Burj Khalifa layak dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia. Gedung-gedung di sekelilingnya seolah-olah menjadi gedung yang kerdil. Sebenarnya konsep awalnya Burj Khalifa memiliki ketinggian 830 meter, namun 2 meter tersebut tidak dihitung sebagai rekor karena tidak ada kehidupan alias hanya berupa tiang saja. Bahkan, pemerintah Dubai saat ini sedang merencanakan pembangunan Dubai Creek Tower yang digadang-gadang tingginya melebihi Burj Khalifa.

2. Air Mancur Menari Terbesar di Dunia

Berada tepat di bawah Burj Khalifa, Dubai memiliki pertunjukkan air mancur menari terbesar di dunia, namanya Dubai Fountain Show. Air mancur ini berada di danau buatan seluas 12 hektar dan mampu menyemprotkan air sebanyak 22.000 galon air, hingga mencapai ketinggian lebih dari 140 meter.

Efek suara yang dihasilkan pun sangat menggelegar. Ditambah pula adanya pertunjukkan laser dan video mapping yang dapat membuat pengunjung terpana akan keindahan dan kecanggihannya.

3. Mall Terbesar di Dunia

Memiliki luas 55 hektar dan terdiri dari 1200 toko membuat Dubai Mall layak disejajarkan dengan mall besar dunia lainnya. Lokasinya bersebelahan dengan Burj Khalifa membuat mall ini selalu ramai didatangi wisatawan.

Eit,tunggu dulu, Dubai tidak berhenti begitu saja dalam membuat sesuatu yang besar. Akan ada pesaing terdekatnya saat ini yaitu Dubai Square yang ukurannya ternyata dua kali lebih besar daripada Dubai Mall. Saking besarnya kira-kira mencakup 100 kali lapangan sepakbola.

4. Frame Terbesar di Dunia

Dubai Frame yang dibangun untuk Expo 2020 dinobatkan sebagai frame atau bingkai terbesar di dunia. Tak hanya itu, bangunan yang berlapis emas ini memiliki konsep futuristik tentang gambaran Dubai di masa depan. Memiliki ketinggian 150,24 meter membuat kita bisa melihat dua sisi kota Dubai yaitu Modern Dubai dan Old Dubai.

5. Indoor Ski Terbesar di Dunia

Dubai memang ditakdirkan berada di daerah panas, kering, dan tandus. Namun siapa sangka, mereka bisa menghadirkan Ski Dubai yang merupakan indoor ski terbesar di dunia sampai saat ini.

Lokasinya berada di dalam Emirates Mall dan memiliki luas 22.500 meter persegi. Suhu udaranya pun tetap dijaga sampai -2 derajat celcius sepanjang tahun agar saljunya tidak mencair. Ini adalah solusi bagi masyarakat Dubai untuk bisa merasakan salju tanpa harus ke Eropa.

6. Kepulauan Reklamasi Terbesar di Dunia

Selalu ada saja ide Dubai untuk menjadi yang "ter" untuk menarik wisatawan. Di perairan yang berbatasan Teluk Persia, Dubai mempercantik dengan menyulapnya menjadi pulau reklamasi yang berbentuk pohon palm, namanya The Palm Jumeirah. Di pulaunya kini berisi dengan berbagai aset properti seperti hotel, apartemen, rumah, dan pusat perbelanjaan yang bebas dikunjungi siapapun.

Dengan luas lahan sekitar 5,6 kilometer persegi menjadikan The Palm Jumeirah sebagai pulau buatan manusia terbesar di dunia. Tak hanya itu, Dubai juga memiliki kepulauan buatan yang lain, yaitu Palm Jebel Ali, dan juga The World yang berbentuk peta dunia.

7. Emas Termurah di Dunia

Sering juga dijuluki sebagai The City of Gold membuat Dubai dikenal memiliki emas dengan harga termurah di dunia karena pajaknya yang rendah. Di berbagai tempat dan situasi, kita bisa dengan mudahnya mendapatkan emas.

Bahkan untuk makanan pun berbalut emas yang aman untuk disantap. Sebagai destinasi utama belanja emas, tawar menawar dalam membeli emas sangat lazim dilakukan di pasar Dubai.

8. Cincin Emas Terbesar di Dunia

Kurang lengkap rasanya jika sebutan The City of Gold tidak memiliki rekor baru. Cincin Emas dengan berat 63 kilogram dan emas 21 karat ini memiliki nama Najmat Taiba atau Bintang Taiba. Cincin ini dipamerkan di Gold Souk Dubai. Meski harganya fantastis, tidak ada penjagaan secara khusus untuk pasar emas ini.

9. Hotel Paling Mewah di Dunia

Tak salah memang Burj Al Arab dinobatkan sebagai hotel paling mewah di dunia. Lokasinya yang berada di tengah pulau buatan ini memiliki ketinggian gedung 321 meter.

Berbagai fasilitas dan material bangunan dari emas nan mewah hadir di dalam hotel ini. Tarif paling murahnya saja mulai dari Rp 31.000.000-an per malam, itu pun untuk low season. Bahkan saking mewahnya, banyak yang menganggap hotel ini adalah hotel bintang 7.

10. Bangunan Hotel Tertinggi di Dunia

Selain memiliki hotel paling mewah, ternyata di Dubai ada juga gedung hotel tertinggi di dunia, yaitu Gevora Hotel. Dengan memiliki ketinggian 356,33 meter, membuat hotel ini masuk dalam Guinness World Records. Pesaing terdekatnya dengan selisih kurang dari 2 meter yaitu JW Marriott Marquis juga ada di kota ini.

11. Sistem Angkutan Kereta Otomatis Terpanjang di Dunia.

Selain diselimuti kemewahan, sistem transportasi di Dubai sudah sangat canggih sekali. Mereka memiliki Dubai Metro yang merupakan angkutan kereta otomatis dengan panjang lintasan mencapai 75 km. Meskipun tanpa adanya supir, sistem keamanannya salah satu yang terbaik di dunia.

12. Aquarium Dengan Panel Akrilik Terbesar di Dunia.

Di dalam mall terbesar dunia ternyata ada aquarium dengan panel akrilik terbesar di dunia. Panel berukuran 8,3 x 32,88 meter dan ketebalan 75 cm ini mengalahkan Okinawa Churaumi Aquarium di Jepang.

13. Wahana Bianglala Terbesar di Dunia.

Inggris punya London Eye yang sangat ikonik, sedangkan Uni Emirat Arab kini punya Ain Dubai yang merupakan wahana bianglala terbesar di dunia. Diameternya saja mencapai 210 meter, jauh melebihi bianglala raksasa dari negara lain. Namun untuk operasionalnya baru dibuka tahun 2020 nanti.

Biar tidak penasaran, ayo traveling ke Dubai. Cari tiket promonya mulai dari sekarang. Meskipun diselimuti kemewahan, biaya hidup di Dubai masih terjangkau kok, tidak beda jauh dengan Jakarta.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA