Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Des 2019 20:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Inilah Pantai Paling Menegangkan di Yogyakarta!

Yasa Sidik Permana
d'travelers
Foto 4 dari 5
Gondala pantai Timang dengan sistem katrol tanaga manusia
Gondala pantai Timang dengan sistem katrol tanaga manusia
detikTravel Community - Pernah dengar nama Pantai Timang di Gunungkidul? Inilah pantai paling menegangkan di Yogyakarta!

Ada yang sudah pernah mengunjungi Pantai Timang? Pantai ini berada di antara pantai Siung dan pantai Sundak, tepatnya berada di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogya menuju Pantai Timang sekitar 50km atau sekitar 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Apa sih yang menarik dari pantai Timang? Banyak alasan mengapa Pantai Timang menjadi destinasi yang wajib dikunjungi ketika traveling ke Yogyakarta, pertama jelas karena keberadaan gondola Pantai Timang. Oiya sebelum bercerita terlalu jauh, bagi yang belum tau apa itu gondala, gondala adalah kereta gantung tradisional yang digerakan dengan sistem katrol bertenaga manusia (manual) dari tebing Pantai Timang menuju pulau Panjang yang berada di seberangnya

Untuk para pengunjung yang jiwa-raganya belum siap lahir-batin menaiki Gondola, terdapat opsi lain berupa jembatan gantung menuju pulau Panjang yang berada di seberangnya. Sebenarnya kedua pilihan ini (gondola dan jembartan gantung) sama-sama memacu adrenalin, terlebih ketika air laut pasang dan ombak membumbung tinggi hingga belasan meter. Inilah salah satu kelebihan yang menjadikan Pantai Timang begitu populer dikalangan wisatawan yang haus akan tantangan.

Alasan lain kenapa harus traveling ke Pantai Timang adalah karena Pulau Panjang yang ada di seberangnya menjadi habitat lobster. Selain karena Gondolanya, Pantai Timang juga terkenal akan habitat lobsternya, warga sekitar selain berprofesi sebagai nelayan dan petani juga berprofesi sebagai pencari lobster yang nantinya didistribusikan di warung sekitar dan para penadah. Setelah menjajal keseruan dari jembatan gantung atau gondola Pantai Timang, jangan lupa untuk mencicip citarasa dari lobster segar yang dijajakan warung-warung di sekitar pantai, pasti bakal menggugah selera makan Kita.

Untuk mencapai pantai Timang, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan paket Jeep yang telah disediakan oleh pengelola dari jalan raya menuju pantai Timang. Saya merekomendasikan untuk menggunakan paket Jeep walaupun berbayar. Kenapa? Akses jalan menuju Pantai Timang sulit dilalui karena melewati trek jalan berbatu dengan kontur naik-turun di area perbukitan.

Jika tidak menggunakan kendaran off-road akan sulit melewati trek seperti ini. Ketika berkunjung ke pantai Timang beberapa waktu lalu Saya melihat beberapa mobil pribadi kewalahan melewati trek ini, terlebih ketika melewati tanjakan curam yang tidak jauh dari lokasi parkir Pantai Timang.

Bagi pembaca yang masih bingung untuk urusan transportasi menuju pantai Timang atau destinasi serupa yang letaknya jauh dari pusat kota/sulit dijangkau, tenang! Aplikasi tiket.com tidak hanya menyediakan pemesanan tiket pesawat, tiket kereta ataupun booking hotel tetapi juga bisa sewa mobil lho.

Beberapa keuntungan lain menggunakan aplikasi tiket.com adalah memiliki tampilan yang mudah dipahami, bisa pesan dimanapun dan kapanpun, mudah mengatur ulang waktu penerbangan, dan refund tiket gak pakai ribet. Selain itu juga banyak diskon yang ditawarkan, ditambah dengan adanya Tix point yang bisa ditukar dengan produk/ jasa pilihan. Jadi kapan nih mau traveling?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA