Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Des 2019 10:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Fatuulan, Negeri Dongeng dari Indonesia Timur

Foto 4 dari 5
keindahan alamnya bikin adem.
keindahan alamnya bikin adem.
detikTravel Community - Siapa bilang Indonesia tak punya negeri dongeng. Inilah Fatuulan, sebuah desa dari NTT yang berada di ketinggian, tertutup kabut bagai negeri dongeng.

Desa Fatuulan berada kecamatan Ki'e, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Desa ini berjarak sekitar 40 Km dari jantung Kota Soe. Untuk menuju daerah ini, traveler bisa menempuh jalur darat, menggunakan mobil atau motor dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Akses menuju desa ini cukup sulit karena sebagian besar jalannya yang masih menggunakan sertu kasar.

Desa Fatuulan tidak hanya indah, namun juga memiliki kekayaan budaya leluhur Atoin Meto (orang Timor). Di sini banyak ditemukan Rumah tradisional orang Timor.

Rumah tradisional orang Timor ini biasa disebut ume kbubu (rumah bulat). Ume kbubu adalah salah satu identitas orang Timor. Rumah trasional ini terdiri dari 4 buah tiang penyangga dan beratap alang-alang.

Sesuai dengan namanya, rumah ini berbentuk bulat, tapi ada juga yang bentuknya lonjong. Kalau dari jauh, rumah ini tidak terlihat seperti rumah, hanya terlihat seperti tumpukan ilalang.

Pintunya juga sangat pendek, sekitar 1 meter sehingga kalau kita mau masuk, kita harus berjongkok. Rumah bulat tidak memiliki jendela dan sekat, juga tidak berubin dan masih berlantai tanah.

Semua aktivitas di dalam rumah, seperti tidur, makan bahkan memasak, dilakukan dalam satu ruangan. Selain sebagai tempat tinggal, rumah bulat juga digunakan sebagai tempat menyimpan dan mengawetkan hasil pangan seperti jagung, kacang, dan umbi-umbian.

Karena memiliki keindahan indahan serta masih terjaganya alam dan budaya di desa ini, julukan desa diatas awan disematkan kepada desa Fatuulan.

Saat memasuki gerbang desa, kamu akan ini disajikan oleh pemandangan hamparan perbukitan hijau yang indah, hewan peliharaan masyrakat setempat yang dilepas dan senyuman khas masyrakat desa Fatuulan. Suasana perkampungan juga sangat tenang dan sejuk karena berada di lereng Gunung Marapi dengan ketinggian 600-800 mdpl.

oh, iya. Di provinsi Nusa Tenggara Timur, banyak sekali desa-desa yang indah dan memliki kekayaan budaya seperti desa wai rebo di flores, desa adat di Boti dan lain-lain.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA