Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jan 2020 16:58 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ingin Menikmati Senja di Yogyakarta? Ini Tempatnya

Jetrani Reza Dias
d'travelers
Foto 1 dari 5
Nonton pertunjukan akustik sambil lesehan
Nonton pertunjukan akustik sambil lesehan
detikTravel Community -

Puncak Sosok di Bantul bisa menjadi pilihan kamu untuk bersantai di pergantian senja ke malam. Pemandangannya menarik serta tempatnya cocok untuk kaula muda.

Setiap kali berkunjung ke Yogyakarta, saya selalu dibuat takjub akan banyaknya tempat wisata baru di kota ini. Kali ini, saya pergi ke Puncak Sosok di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, tempat wisata malam yang setiap sudutnya menarik untuk dijadikan spot foto.

Setiap kali berkunjung ke Yogyakarta, saya selalu dibuat takjub akan banyaknya tempat wisata baru di kota ini. Kali ini, saya pergi ke Puncak Sosok, tempat wisata malam yang setiap sudutnya menarik untuk dijadikan spot foto.

Berjarak kurang lebih 16 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Puncak Sosok dapat dicapai dengan kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat.

Akses jalannya memang terhitung sempit dan melewati rumah-rumah warga. Selain itu jalannya menanjak dan menikung sehingga keahlian berkendara bisa diuji disini. Beruntung jalur masuk dan jalur keluar kendaraan dibedakan sehingga bisa mengantisipasi kendaraan yang berpapasan.

Ketika saya kesini malam hari, lampu penerangan masih terhitung kurang. Apalagi jarak rumah warga cukup jauh satu sama lain. Jadi tetap waspada dan jangan sampai mengantuk ketika kesini ya. Jika kesini di sore hari, mata kita akan dimanjakan pemandangan indah perbukitan nan hijau di sepanjang jalan.

Setelah menanjak beberapa menit, kita akan sampai di area parkir. Dari area parkir, kita masih harus berjalan kaki menyusuri jalan cor blok yang menanjak hingga akhirnya sampai di Puncak Sosok yang dibangun Januari 2018 ini. Disamping kanan dan kiri jalan setapak diberi penerangan lampu kuning temaram sehingga suasanan menjadi romantis.

Sebaiknya memang kesini di sore hari, karena dari Puncak Sosok kita bisa menikmati panorama sunset yang menawan. Malam harinya, di hari tertentu terutama malam minggu ada pementasan akustik. Kebanyakan pengunjung Puncak Sosok yang datang biasanya bersantai sambil menikmati pementasan musik akustik.

Pengelola memang telah menyediakan panggung terbuka dan setsoundbeserta alat musik sehingga siapa pun bisa tampil. Bagi traveler yang ingin menampilkan pertunjukan akustik, cukup menghubungi pengelola lalu menyesuaikan jadwal dengan pengisi acara lainnya.

Fasilitas penunjang wisata di Puncak Sosok pun sudah cukup lengkap. Ada warung makan, sejumlah toilet bersih, mushola, juga gazebo dan spot foto di berbagai sudut. Soal harga makanan, jangan khawatir. Sangat terjangkau bahkan bisa dibilang murah. Harga minuman jeruk dan teh panas tak sampai 5 ribu rupiah. Kemudian ada mie rebus, aneka gorengan, dan cemilan ringan lainnya yang bisa dinikmati tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Jika kehabisan kursi, kita bisa menyewa tikar yang bisa digunakan sebagai alas bersantai untuk menikmati momen matahari terbenam. Selanjutnya, kita bisa lanjut menikmati pesona malam di Puncak Sosok yang menampakkan keindahannya. Cahaya lampu hias dengan latar belakang gemerlap lampu kota Yogyakarta seakan menjadi perpaduan yang begitu sempurna.

 
BERITA TERKAIT
BACA JUGA