Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Feb 2020 13:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ngopi di Cafe Arboretum Sekaligus SInggah di Museum Kehutanan, Yuk!

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Museum Kehutanan terletak di kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Museum Kehutanan terletak di kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
detikTravel Community - Gedung Manggala Wanabakti bukan kantor Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan semata. Tapi, juga memiliki museum yang dibuka untuk umum lo.

Museum di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu itu dinamai Museum Ir Djamaludin Suryohadikusumo. Museum tersebut  diresmikan oleh presiden RI kedua, Soeharto pada tanggal 24 Agustus 1983.

Walaupun sudah berusia lebih dari 36 tahun, bagian dalam dan koleksi museum ini sangat terawat dan bangunannya nya pun masih berdiri dengan megah diantara gedung kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

Museum ini sendiri terdiri atas dua lantai. Lantai pertama berisi pameran artefak kehutanan dan informasi mengenai jenis-jenis hutan dalam bentuk diorama yang dibuat berdasarkan aslinya dan dilengkapi dengan kehidupan satwa di dalamnya. Lantai kedua berisi pameran foto dan informasi soal hutan di indonesia.

Saat pertama kali memasuki museum, kita akan langsung disambut dengan pohon jati raksasa berusia sekitar 140 tahun dan masih tegak berdiri. Sementara di bawahnya terdapat hewan yang sudah diawetkan, sehingga seakan kita berada di dalam hutan sungguhan.

Terdapat juga aneka peralatan dan kendaraan yang pada masa lalu dipergunakan untuk mengangkut kayu yang baru saja di tebang dari hutan. Selain itu, kita bisa mempelajari aneka proses sejak kayu di tebang dari hutan, sampai menjadi produk akhir seperti kertas yang biasa kita pakai sehari-hari.

Berbagai informasi seputar kehutanan, vegetasi, dan produk hasil hutan disajikan dalam aneka bentuk diorama dan disertai dengan penjelasan yang sangat informatif, sehingga bisa menambah pengetahuan kita mengenai hutan yang ada di Indonesia.

Untuk memasuki museum ini, tidak dipungut biaya, hanya saja jadwalnya menyesuaikan dengan jam kerja kementerian dari hari Senin hingga Jumat, dan tutup di akhir pekan.

Di kawasan ini selain museum juga terdapat hal menarik lainnya lho, seperti hutan kota atau arboretum, dan kafe kekinian, arborea cafe yang ada di tengah hutan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA