Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Jan 2020 18:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Jam Gadang Lebih Dekat, Kayak Apa Sih?

Lathifah Kya
d'travelers
Foto 1 dari 5
Jam gadang
Jam gadang
detikTravel Community - Jam gadang sudah menjadi ikon dari Kota Bukittinggi. Jangan cuma lihat dari jauh, karena dari dekat pun bangunan ini tak kalah indah.

Lokasi Jam gadang bertempat di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lama perjalanan yang ditempuh menuju ke tempat ini adalah sekitar 3,5 jam dari kota Padang.

Jam gadang adalah sebuah monumen yang gagah berdiri berdekatan dengan pasar atas Bukittingi, pengunjung yang datang jauh-jauh dari berbagai pelosok negeri, pasti akan selalu menyempatkan untuk membeli oleh-oleh dan souvenir khas yang ada di Bukittinggi ini sambil mampir atau hanya sekedar berfoto mengambil spot yang menarik di jam gadang dan sekitarnya.

Jam Gadang merupakan bangunan peninggalan zaman Hindia-Belanda, didirikan atas komando dari Ratu Wilhelmina dari Belanda. Jam gadang ini adalah hadiah untuk sekretaris kota Bukittinggi ketika itu.

Bangunan Jam Gadang mempunyai 4 tingkatan. Tingkat bawah merupakan ruangan petugas, tingkat kedua adalah tempat bandul pemberat jam.

Selanjutnya tingkat ketiga merupakan tempat dari mesin jam tersebut dan tingkat paling atas merupakan puncak menara dimana lonceng jam ditempatkan. Keempat tingkat ini hanya boleh dimasuki orang tertentu saja dan selalu dikunci.

Jadi, jika travelers berkunjung ke Bukittinggi, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan monumen yang satu ini. Demi untuk menjaga kelestariannya, jam gadang ini selalu dijaga dengan baik sebagai bukti peninggalan sejarah.

Dari tahun ke tahun taman di sekitar jam gadang ini selalu mengalami inovasi, tamannya dibuat sedemikian rupa agar enak dipandang mata, akan sangat sayang rasanya jika ke Sumatera Barat, belum singgah ke Jam gadang ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA