Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Jun 2020 15:33 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Rekomendasi Tempat Ngopi yang Asyik & Sejuk di Yogya

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Beberapa gazebo yang terletak di bagian bawah Kedai Kopi Menoreh
Beberapa gazebo yang terletak di bagian bawah Kedai Kopi Menoreh
detikTravel Community -

Kedai kopi di Yogya saat ini sedang menjamur. Namun jika traveler ingin mencoba kopi tradisional dengan suasana yang sejuk dan adem, kedai Menoreh mesti dicoba.

Kedai Kopi Menoreh, terletak di Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Cukup jauh dari pusat Yogyakarta. Tapi jika sudah sampai di sini, rasanya sulit beranjak pulang.

Terus terang, ketika sampai di lokasi ini saya tak menyangka di sini terdapat kedai kopi. Tempat parkir yang terletak di depan hanya muat untuk beberapa mobil saja.

Memasuki bagian dalam, kita bisa memilih untuk duduk di kursi dan meja biasa atau di lesehan. Saya memutuskan untuk duduk di lesehan yang terletak di bagian bawah. Di belakang lesehan, pepohonan rindang menemani kami.

Terdapat juga jalan setapak ke bawah, dimana kami bisa menikmati air terjun. Tak heran jika suara percikan air dapat terdengar dari lesehan kami.

Kopi yang bisa dinikmati di sini diantaranya kopi luwak, kopi ijo, kopi robusta, arabika, lanang, kopi jahe dan kopi susu. Jika tak suka kopi, kita juga bisa menikmati teh, air jeruk, coklat ataupun susu coklat.

Kita bisa memilih paketan yang artinya selain minuman yang kita pesan, kita juga akan mendapatkan camilan yaitu geblek, kacang rebus, tahu dan singkong.

Tak hanya kopi, di kedai kopi Menoreh juga terdapat makanan berat diantaranya paket nasi dengan sayur lompong dan ayam goreng/kukus, paket nasi rica, mie instan, juga nasi goreng.

Namun kita perlu bersabar menunggu pesanan kita. Sembari menunggu, kami sempat bertemu dengan pemilik kedai kopi ini, Pak Rohmat dan mengobrol-ngobrol sebentar.

Menurut keterangan Pak Rohmat, pada awalnya kedai kopi yang dihuka tahun 2014 tidak sebesar ini. Namun seiring dengan promosi yang dilakukan oleh temannya, kedai ini kian populer dan banyak didatangi tak hanya warga lokal, tapi juga wisatawan domestik dan mancanegara.

Kedai kopi ini memang buka sejak pukul 8 pqgi, namun tak jarang Pak Rohmat menerima tamu sebelum waktu tersebut. Bahkan beberapa wisatawan asing senang menginap dan tidur di lesehan/gazebo kedai kopi ini.

Pesanan saya berupa kopi lanang paketan akhirnya datang. Kopi lanang merupakan kopi dengan biji bulat dan utuh tidak terbagi dua. Sebenarnya saya bukan peminum kopi terlebih yang rasanya sangat pahit, namun kopi lanang yang saya cicipi masih cocok di lidah saya, tidak manis tapi juga tidak terlalu pahit. Untuk gula, disediakan gula merah, gula pasir, dan gula aren cair.

Tentu saja ditemani geblek (seperti cireng di daerah Jawa Barat namun lebih keras), ketela (singkong), tahu goreng dan kacang rebus. Makan ini saja sudah membuat saya kenyang.

Namun saya juga masih memiliki nasi paketan demgan sayur lompong dan ayam goreng, namun sayangnya saat itu sayur lompongnya habis. Nasi paketan ini membuat saya bertambah kenyang.

Oh iya, harga makanan dan minuman di sini sangat terjangkau. Nasi paketan bisa dinikmati mulai dari harga 15.000 rupiah sedangkan untuk kopi mulai dari 7.000 rupiah. Untuk yang mau membawa kopi untuk oleh-oleh terdapat kopi kemasan yang bisa dibeli di sini.

Tak terasa sudah beberapa jam kami berada di kedai ini. Andaikan bisa, saya tidak menolak untuk berlama-lama disini. Apalagi ditemani dengan teman-teman sambil mengobrol santai.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA