Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Feb 2020 20:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Potret Kampung Purba di Flores

Bekti Yustiarti
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Kampung Bena adalah salah satu perkampungan megalithikum yang berada di Kabupaten Ngada, Flores. Kampung kecil yang dihuni oleh suku asli daerah setempat ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Kampung Bena termasuk perkampungan adat tertua di Nusa Tenggara Timur. Keindahan Kampung Adat Bena tak diragukan lagi. Berada di kaki Gunung Inerie yang megah dan dikelilingi hutan yang asri. Kampung ini juga terletak di ketinggian sehingga udaranya pun sangat sejuk.

Bentuk rumah adat yang masih terjaga nuansa tradisionalnya, seperti atap alang-alang, batu-batu gunung, dinding bambu tanpa meninggalkan unsur sejarah dan budaya. Kegiatan sehari-hari warganya adalah berladang. Tampak beberapa jenis hasil bumi yang dijemur di halaman rumah mereka seperti jagung.

Selain berladang, kaum perempuan juga masih melanjutkan tradisi menenun secara tradisional. Hasil tenunan dijadikan cendera mata berbentuk tas, selendang, kain sarung, dengan motif yang bervariasi. Bagi wisatawan yang ingin memilikinya dapat membeli langsung dari warga sekitar.

Struktur tanah yang berundak juga menjadi bagian keindahan kampung ini. Sebagian rumah di bawah, sebagian di atas. Pada bagian ujung kampung, di puncak tangga terdapat sebuah pendopo yang dapat digunakan untuk kegiatan berdoa.

Warga di sana sangat ramah, mereka juga menawarkan toilet dapat digunakan oleh wisatawan. Jadi tunggu apa lagi, ayo berkunjung ke Kampung Bena!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA