Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Mar 2020 15:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Salah Satu Spot untuk Melihat Indahnya Himalaya

Lina Muhikam
d'travelers
Foto 4 dari 5
Salah satu menu favorit yaitu Momo, semacam dumpling berisi daging lembut, tersedia juga momo isi sayuran untuk vegetarian
Salah satu menu favorit yaitu Momo, semacam dumpling berisi daging lembut, tersedia juga momo isi sayuran untuk vegetarian
detikTravel Community -

Melihat Pegunungan Himalaya kerap jadi mimpi banyak traveler. Ini kota yang jadi salah satu spot terbaik untuk melihatnya

Setelah mendarat di bandara Kalkutta India, Perjalanan menuju Darjeeling dilanjutkan dengan menggunakan Kereta api Kanchenjunga Express dari Stasiun Sealdah ke Stasiun New Jalpaiguri selama hampir 14 jam. Tiket sengaja booking online jauh-jauh hari sejak masih di Indonesia untuk memastikan ketersediaan kursi dan mengambil gerbong kelas sleeper dengan pertimbangan bisa tidur sepanjang jalan untuk menghemat tenaga.

Sesampainya di Stasiun New Jalpaiguri, ada banyak kendaraan yang dapat disewa untuk melanjutkan perjalanan darat selama 5 jam. Ini akan menjadi perjalanan yang terasa lama dikarenakan medan yang terus nanjak menuju ketinggian sekitar 2.100 mdpl.

Tiba di Darjeeling disambut Hawa dingin yang mulai menusuk tulang. Setelah istirahat sejenak di hostel, saya mengeluarkan jaket dan bergegas keluar mencari makan dan keliling sekitar pusat kota dengan berjalan kaki.

Ada banyak pilihan penginapan selama di Darjeeling. Saya menginap di Hostel Backpacker bertarif Rp 250,000 per malam di dekat Alun-alun Chowrasta. Ini memudahkan saya untuk mencari makanan, ngopi-ngopi cantik atau sekedar nongkrong melihat aktivitas dan berinteraksi dengan orang-orang tangguh yang tinggal di kaki Himalaya.

Makanan-makanan enak bertarif murah, masyarakat lokal yang ramah juga pemandangan alam yang indah, membuat saya merasa ini adalah hadiah yang pantas mengingat perjalanan yang panjang dari Indonesia hingga tiba di tempat ini. 

Himalayan Mountainering Institute, Darjeeling Zoo, Tibetan Refugees, Dali Monastery dan Budhist Temple adalah tempat-tempat yang bisa dikunjungi selama tinggal di Darjeeling. Jangan lupa siapkan uang kecil untuk sekedar beli jajanan kaki lima atau pernak-pernik dengan menggunakan mata uang Indian rupee, tentu saja karena Darjeeling masuk ke dalam wilayah Benggala Barat, India.

Spot terbaik untuk menikmati sunrise Pegunungan Himalaya adalah dari tempat bernama Tiger Hill, dan harus rela berangkat dari hotel jam 3 pagi dengan menggunakan kendaraan sewaan. Mengingat saat saya datang ke sana bertepatan dengan musim liburan.

Gunung Kanchenjuga merupakan gunung dengan puncak tertinggi ke 3 di dunia (8.586 mdpl) setelah Everest di Nepal dan K2 di Pakistan. Dari sini lah secara utuh Gunung Kancenjunga terlihat nyaris sempurna. sejajar dengan Kanchenjunga, tampak pula puncak-puncak lain seperti Mt Lhotse, Mt Makalu dan Everest !

Setelah puas menjelajahi kota kecil yang indah ini, hampir setiap malam ditutup dengan menyantap Momo atau menu-menu makanan khas Tibet ataupun Nepal di Restoran khusus yang cukup banyak terdapat di sekitar Pusat perbelanjaan atau alun-alun Chowrasta , tak lupa konon teh berkualitas terbaik di dunia juga tumbuh dari Darjeeling, ini akan menjadi oleh- oleh yang sangat berharga.

Selamat Liburan !



BERITA TERKAIT
BACA JUGA