Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Jan 2020 10:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Stone Garden, Taman Batu Purba yang Mempesona

Graece Tanus
d'travelers
Foto 1 dari 5
Hamparan karst indah di ketinggian Stone Garden
Hamparan karst indah di ketinggian Stone Garden
detikTravel Community - Stone Garden di Bandung Barat yang merupakan jejak sejarah Bandung Purba di masa lampau. Sekarang keindahannya berupa hamparan karst di ketinggian penuh pesona.

Bandung, siapa yang tak terpikat ketika nama kota ini disebut? Banyak keistimewaan yang dapat kita nikmati dari kota ini mulai dari alamnya yang indah, ragam kulinernya, sejarah sampai dengan fashion dari para warganya.

Siapa sangka juga, kalau indahnya Bandung bukan hanya sekitaran Lembang ataupun Ciwidey. Stone Garden di Bandung Barat yang merupakan jejak sejarah Bandung Purba di masa lampau dan sekarang meninggalkan keindahannya berupa hamparan karst di ketinggian penuh pesona.

Stone Garden merupakan hamparan tanah yang luas yang diisi oleh berbagai formasi bebatuan alami yang sangat indah. Lokasinya di Bandung Barat,tepatnya Padalarang, tidak jauh dari tepi Jalan Raya Rajamandala, Desa Gn Mas Sigit,kecamatan Cipatat. Kawasan ini berada di area kurang lebih 2 hektar dan di ketinggian 908 mdpl.

Menuju puncak ketinggian, kita harus menempuh jalur pendakian sejauh kurang lebih 1,5 km dari kaki gunung. Jangan berpikir lelahnya pendakian karena semua itu terbayar ketika tiba di puncak hamparan batu indah nan artistik menyambut kedatangan kita. Semua itu mampu membuat kita berdecak kagum.

Berada di kawasan ini, kita dapat menikmati sensasi keindahan panorama batu kapur. Ini adalah surga bagi para pencinta fotografi serta pencinta foto selfie dan wefie untuk memenuhi laman instagrammu.

Oh iya, perlu diketahui, jenis batuan yang ada di Stone Garden berbeda dengan batu pada umumnya. Tekstur batunya sangat mirip dengan batu karang yang kita temui di dasar laut.

Konon, menurut para ahli, Stone Garden terbentuk dari puing-puing dasar danau purba Bandung. Danau Purba ini ada akibat letusan Gunung Sunda yang terjadi berjuta juta tahun lalu dan jika dikaitankan dengan legenda, sangat erat kaitannya dengan Legenda Sangkuriang.

Kapan sebaiknya kita mengunungi Stone Garden? Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan ini. Sinar matahari akan membuat hasil dokumentasi menjadi begitu eksotis, di mana langit biru dan awan putihnya berada di atas hamparan hijau pohon dan batu kapur.

Nah penasaran kan dengan eksotis nya Stone Garden, buruan siapkan waktumu untuk mengunjunginya. Ayo kita jelahi negeri ini dan gak perlu jauh,karena Indonesia indah di tiap sudutnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA