Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Feb 2020 10:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wah, Kebun Binatang Ini Punya Wahana Speed Boat

Aisa Marisa
d'travelers
Foto 1 dari 5
BERMAIN SPEED BOAT KINI BISA DILAKUKAN DI KEBUN BINATANG. RASAKAN SENSASI INI DI GEMBIRA LOKA ZOO, YOGYAKARTA
BERMAIN SPEED BOAT KINI BISA DILAKUKAN DI KEBUN BINATANG. RASAKAN SENSASI INI DI GEMBIRA LOKA ZOO, YOGYAKARTA
detikTravel Community - Memasukkan pantai dan gunung ke dalam rencana perjalanan sepertinya sudah sangat biasa. Pernahkah terpikir untuk menghabiskan waktu di kebun binatang?

Selain dapat melakukan wisata edukasi, kamu juga bisa menikmati alam, melakukan olahraga dengan berjalan kaki, serta mencoba wahana yang tersedia di dalamnya.

Kebun binatang adalah salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Saya sebenarnya tidak terlalu suka dengan binatang namun perjalanan saya ke Gembira Loka Zoo di awal Februari 2020 cukup berkesan.

Tidak sulit mencapai GLZoo karena letaknya yang strategis di jantung kota Yogyakarta. Datanglah sepagi mungkin saat matahari belum terik dan antrian tiket masih pendek. Harga karcis masuk yang perlu kamu bayar adalah Rp. 30.000 di hari kerja dan Rp. 35.000 untuk akhir pekan.

Jangan sampai tiket kamu hilang, karena dengan menunjukan tiket ini pengunjung akan mendapatkan WIFI gratis. Lancarnya koneksi di GLZoo membuat komunikasi menjadi mudah dan eksistensi di dunia maya tetap berjalan.

Hal pertama yang memukau perhatian saya adalah aktivitas speed boat yang sedang berlangsung. Baru kali ini saya melihat water sport diadakan di kebun binatang. Walaupun medannya tidak seluas laut, namun tetap terasa menarik dan memacu adrenalin.

Jika kamu ingin mencobanya, kamu hanya perlu membayar Rp 20.000/orang dan siapkan tim sebanyak 3 orang. Speed boat ini mampu menampung 4 penumpang, termasuk 1 orang pengemudi. Kamu akan dilengkapi dengan baju pelampung dan water sport pun siap dimulai.

Jika speed boat ini terlalu menantang, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya seperti mengendarai ATV, bermain perahu kayuh, berfoto dengan‚ burung dan ular, melihat atraksi satwa atau menunggangi onta. Kegiatan untuk anak-anak juga tersedia di sini seperti terapi ikan, memancing di kolam tangkap, memegang dan berfoto dengan kura-kura, serta menunggangi gajah. Kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk dapat menikmati ini semua. Jadi ada baiknya, rencanakan terlebih dahulu aktivitas mana yang ingin kamu lakukan.

Jangan terlalu asik bermain sampai-sampai kamu lupa bertemu dengan satwa yang ada di GLZoo. Penghuni kebun binatang berasal dari satwa asli Indonesia dan juga adopsi dari beberapa negara. Tidak perlu bingung dengan nama dan asal sang hewan karena informasi profil tersedia di setiap kandang. Wisata edukasi seperti ini patut kamu agendakan untuk mengenalkan satwa secara langsung kepada anak-anak.

Di sini juga tersedia TARING atau transportasi keliling. Bentuknya seperti mobil namun berbadan panjang dengan kapasitas tempat duduk yang cukup banyak. Jika kamu lelah berjalan kaki, kamu bisa menggunakan fasilitas berbayar ini. Ada 2 pilihan tiket yang bisa dipilih, yaitu satu kali stop atau multi stop. Harga tiket untuk satu kali stop adalah Rp 8.000 sedangkan Rp 25.000 untuk multi stop.

Taring akan berjalan membawa kamu dari halte ke halte. Mayoritas penumpangnya adalah ibu-ibu yang membawa anak. Pastikan anak menggunakan gelang identitas untuk memudahkan pencarian jika anak terpisah dari keluarga. Gelang identita disediakan secara gratis dan bisa diperoleh di pintu masuk, pos keamanan, halte taring, dan loket di setiap wahana.

GLZoo sangat ramah untuk pengunjung berkursi roda dan keluarga yang membawa kereta dorong bayi. Tersedia tangga landai yang dirancang untuk memudahkan mobilitas kursi roda dan kereta dorong. Tidak perlu khawatir jika kamu lapar, karena di sini banyak tersedia kios makanan ringan hingga food court dengan pilihan menu yang lebih lengkap. 

Toko oleh-oleh pun mudah kamu temui di sepanjang jalan keluar. Deretan pedagang lokal sudah menanti dan siap melayanimu. 

Jika kamu berencana mengunjungi Gembira Loka Zoo dalam waktu dekat, kamu mungkin akan menemui beberapa spot yang ditutup karena proses pengembangan yang masih berlangsung. Namun, tidak perlu khawatir, karena hal ini tidak mengganggu kenyamanan eksplorasi kamu. 

Agar lebih aman dan nyaman, gunakan masker penutup hidung dan mulut, pastikan bekal minuman cukup, gunakan pakaian yang menyerap keringat, dan tentunya kamera untuk menangkap momen berharga.

Selamat berpetualang di Gembira Loka Zoo. Nikmati alam dan satwanya serta patuhi setiap larangan yang diberikan oleh pihak pengelola untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA