Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Feb 2020 15:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Seharian di Solo, Bisa Wisata Kemana Saja?

Nopi_kikie
d'travelers
Foto 1 dari 5
Foto di Depan Keraton Surakarta
Foto di Depan Keraton Surakarta
detikTravel Community -

Mau seru-seruan bersama teman kantor? Kota Solo bisa jadi pilihan destinasinya. Di sana ada banyak tempat wisata seru yang bisa dinikmati seharian.

Kota Solo juga bisa dijadikan salah satu tempat outing seru loh bareng team kantor. Kita bisa berangkat naik kereta atau pesawat terbang yang saat ini harganya sudah mulai turun. Kalau saya dan teman-teman kantor, perginya naik kereta api karena lebih seru dan sesuai dengan jam pulang kantor.

Berikut destinasi seru untuk outing di Solo:

1. The Heritage Palace

The Heritage ini sedang hits banget di Instagram, dengan tiket masuk Rp 55 ribu per orang di weekdays dan Rp 65 ribu per orang di weekend, kita bisa keliling Gedung Tua ala Eropa. Di sana kita bisa berfoto dengan mobil-mobil antik dan bisa juga untuk berfoto di museum terbalik. The Heritage buka dari pukul 09.00-18.00 WIB. Lebih bagus sih kesana di waktu sore karena pengunjung sudah mulai sepi. Oh iya, ada 1 tiket masuk gratis apabila rombongan jumlahnya minimal 12 orang.

2. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe ini awalnya adalah pabrik gula yang didirikan tahun 1861 dan direvitalisasi menjadi salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi sewaktu datang ke Solo.

Dengan tiket masuk Rp 35 ribu per orang, kita bisa berfoto sambil belajar sejarah mengenai bangunan dan pabrik gula. Selain itu disini juga ada cafe yang bagus untuk foto. Pokoknya instagramable banget deh!

De Tjolomadoe juga pernah digunakan untuk konser musik loh. Salah satu konser musik yang pernah diadakan di sini adalah konser David Foster dan Tulus. Sudah kebayang, kan bagaimana kerennya tempat ini.

3. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah salah satu candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Jawa Tengah. Candi ini bangunannya menyerupai bangunan pemujaan suku Maya. Tiket masuk ke candi ini Rp 10 ribu per orang dan nanti kita akan dipandu oleh tour guide yang akan menceritakan secara detail sejarah candi ini.

4. Candi Cetho

Candi Cetho ini juga salah satu candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit. Memiliki gapura seperti gapura yang biasanya ada di Bali. Candi ini juga memiliki banyak anak tangga. Jadi kita harus kuat untuk menaiki tangga untuk menuju puncak candi.

5. Rumah Atsiri

Rumah Atsiri ini adalah salah satu tempat wisata edukasi yang di dalamnya terdapat pabrik pengolahan minyak atsiri. Di Rumah Atsiri kita bisa melihat kebun bunga koleksi atsiri, kafe dan cara pembuatan parfum. Tiket masuk ke Rumah Atsiri adalah Rp 50 ribu per orang yang berbentuk kartu. Kartu ini sudah terisi saldo Rp 50 ribu yang bisa ditukarkan di Kafe Atsiri untuk membeli makanan atau minum dan bisa digunakan juga untuk membeli oleh-oleh khas Rumah Atsiri.

6. Keraton Surakarta

Nggak lengkap kalau ke Solo nggak berkunjung ke Keraton. Jangan lupa memasukkan Keraton Surakarta ke dalam list tempat yang dikunjungi sewaktu ke Solo, ya!

7. Mural - mural di Kota Solo

Nah ini nggak kalah bagusnya. Di Kota Solo banyak sekali mural-mural yang instagramable, salah satunya adalah mural Ibu Susi Pudjiastusi yang ada di salah satu rollingdoor toko di pinggir jalan Kota Solo dan juga mural ketika Pak Prabowo berpelukan dengan Pak Jokowi sewaktu atlet cabang Pencak Silat mendapatkan Emas di Asian Games 2018, dan masih banyak mural-mural lain di Kota Solo.

Jadi, tunggu apalagi. Ayo rencanakan liburan seru bareng teman-teman kantor ke Solo dari sekarang!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA