Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Mar 2020 12:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Taman Nasional Waykambas Rumah Gajah di Lampung

Monik Mulya
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gajah jantan usia 35 tahun, namanya Aris
Gajah jantan usia 35 tahun, namanya Aris
detikTravel Community -

Taman Nasional Waykambas menjadi habitat gajah-gajah asli Sumatera. Keberadaanya sekaligus menjadi ikon Lampung.

Gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatranus dikonservasikan di Waykambas, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Taman nasional itu memiliki luas mencapai 1.300 km persegi.

Saya berkesempatan untuk menjelajasi sebagai Taman Nasional Waykambas itu beberapa waktu lalu. Akses ke Lampung Timur cukup susah, dari mulai kendaraan dan jarak yang cukup jauh. Tapi, jangan khawatir, traveler yang ingin ke Taman Nasional Waykambas bisa naik damri yang memang disediakan pemerintah kota untuk mempermudah akses wisatawan lokal atau warga lokal yang ingin ke Waykambas.

Dari Pelabuhan Bakauheni, traveler bisa menuju ke Terminal Rajabasa terlebih dahulu. Di sanalah Damri ngetem. Traveler cuma perlu merogoh kocek Rp 35 ribu untuk sampai di Taman Nasional Waykambas. Jarak tempuh dari Rajabasa ke Waykambas sekitar 4-5 jam dengan melewati Metro dan Wayjepara.

Sebagai catatan, Damri ini hanya dua kali berangkat dalam sehari. Keberangkatan pada pukul 07.00 dan pukul 14.00.

Jarak Wayjepara ke Waykambas sekitar 16 km, sejauh 9 km melewati perkampungan warga dan yang 7 km nya melewati hutan belantara.

***

Sensasi Jumpa Gajah di Waykambas

Saya tak pernah membayangkan senangnya berjumpa dengan gajah di Taman Nasional Waykambas. Sebab, selama ini saya hanya bsia menonton gajah di kebun binatang, di Taman Margasatwa Ragunan dan Kebun Binatang Bandung.

Saya bsai menyaksikan gajah dengan jarak pandang dekat namun mata tak etrbentur dinding. Mata bisa jauh menatap seluas padang rumput di belakangnya.

Yang kian asyik, Taman nasional Waykambas itu memiliki meseum gajah dan Rumah Sakit Gajah terbesar di Asia Tenggara, lo!

Museum itu terbuka untuk umum, namun rumah sakitnya khusus untuk yang berkepentingan.

Ayo, jangan ragu melancong ke Taman Nasional Waykambas.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA