Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Mei 2020 11:13 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bakmi Jawa di Jogja yang Bikin Ngiler

Lena Ellitan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Papan nawa rumah makan Bakmi Kampoeng Jawa Pak Karno
Papan nawa rumah makan Bakmi Kampoeng Jawa Pak Karno
detikTravel Community -

Mengunjungi kota Yogjakarta serasa tidak lengkap tanpa menikmati bakmi khas Jawa yang di masak dengan arang sebagai bahan bakar. Rasanya nikmat!

Kapan waktu yang tepat untuk menikmati bakmi Jawa? Kalau saya yang dulu pernah tinggal di Jogja selama 2 tahun masa studi, biasanya saya baru merasakan nikmatnya makan Bakmi Jawa di malam hari. Mungkin karena kebanyakan warung penjaja bakmi Jawa baru mulai buka menjelang malam.

Meski demikian pernah juga saya merasa ngidam bakmi Jawa di Jogja dan nekat menyantap menu bakmi Jawa di siang hari. Karena saya menginap di Jalan Kaliurang, saya  mencoba Bakmi Kampoeng Jawa Pak Karno yang terletak di kawasan Jalan Kaliurang KM 15 Jogjakarta.

Kebetulan saat itu keluarga saya memilih makan di tempat makan yang banyak pilihan di Restoran yang letaknya di sebelah kanan Bakmi kampung Jawa Pak Karno. Saya berjalan kaki menghampiri dan memesan seporsi bakmi Jawa pak Karno. Nuansa tempat makannya terkesan trandisional.

Bakmi di masak dengan bahan bakar arang yang dikipas. Tempat makannya bersih. Kebetulan tidak banyak yang mengantri dan saya bias dilayani lebih cepat. Satu porsi Bakmi waktu itu adalah Rp 18.000.

Aroma menu bakmi Jawa ini sudah tercium mulai pemasak memasukkan bawang, sayur terdengar suara 'srenggggg', dan tak lama kemudian hadir di meja saya dan bungkus untuk gabung makan dengan keluarga di resto sebelah. Setelah bergabung bersama keluarga, saya segera meminjam piring dan saya pun langsung mencicipi menu dengan ukuran porsi yang terbilang besar ini. Rasa manis dan gurih khas bakmi Jawa langsung terasa di suapan pertama. Tekstur bakminya yang lembut serta kelezatan rasanya wow sedap giler.

Awalnya saya sempat meragukan rasa yang ditawarkan bakmi goring Jawa pak Karno ini karena memang terbilang sepi. Setelah saya rasakan, menu bakmi racikan Pak Karno ini tidak kalah dengan warung-warung bakmi populer lainnya seperti di Jombor, atau Warung Mbah Mo nan eksotis di pelosok Jogja. Kalau saat ini di bulan Ramadhan, pasti sangat nikmat berbuka puasa diselingi hidangan bakmi Jawa yang hangat.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA