Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Mei 2020 14:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Danau Terbesar Kedua di Sumatera

Geandre Destrian
d'travelers
Foto 1 dari 5
Spot Foto Danau Ranau
Spot Foto Danau Ranau
detikTravel Community -

Danau Ranau adalah danau yang terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan dan lembah serta pemandangan Gunung Semiung di belakangnya. Kondisi airnya yang jernih juga semakin menambah pesona Danau Ranau.

Danau Ranau terbentuk dari hasil proses alami melalui gempa dan ledakan vulkanik yang menciptakan serpih besar. Sebuah aliran dari Gunung Semiung kemudian mengosongkan serpih ini yang mengubahnya menjadi danau.

Di kaki Gunung Semiung terdapat air panas alami yang berasal dari dasar danau. Sebuah air terjun, yaitu Subik, juga bisa dilihat di sekitar danau. Danau Ranau terletak di perbatasan Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Di bagian tengah danau terdapat sebuah pulau yang oleh penduduk setempat menyebutnya Pulau Marisa. Pulau ini merupakan daerah persawahan yang cukup luas, pohon-pohon kelapa dan hutan yang menjadi rumah bagi beberapa jenis hewan primata.

Selain popular dengan keindahan alam yang ditawarkan, Danau Ranau juga terkenal dengan ikan-ikan di danau yang cukup besar, mulai dari ikan mujair, ikan harongan, ikan kepiat dan ikan kepor.

Untuk aktivitas yang lebih berharga dan menyenangkan, traveler dapat memancingnya sendiri dan membakar di tepi danau. Apabila traveler tidak suka memancing atau menangkap ikan, traveler cukup hanya membeli ikan dari nelayan setempat di sekitar danau.

Untuk menjelajahi danau, traveler bisa menyewa sebuah perahu motor yang oleh penduduk setempatnya menyebutnya Ketek. Harga sewa biasanya sekitar Rp 100.000 sampai dengan Rp 300.000, tergantung hasil kesepakatan dengan pemilik perahu.

Penginapan

Di sekitar danau terdapat sebuah hotel yang dikelola oleh PT Pusri. Apabila traveler ingin lebih murah dan ingin berbaur dengan penduduk setempat, traveler dapat menyewa kamar yang di rumah penduduk setempat yang biasanya sekitar Rp 40.000 per malam.

Menuju Lokasi

Danau Ranau bisa dicapai dengan mobil pribadi dari Bandar Lampung melalui Bukit Kemuning dan Liwa. Jalannya sudah beraspal namun berbelok-belok sepanjang jalan, di perbatasan Kabupaten OKU tepatnya (di bagian selatan Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung).

Traveler juga bisa mencapai lokasi dengan rute yang berbeda. Jaraknya kurang lebih 324 km dari kota Palembang, sekitar 130 km dari kota Baturaja, dan 50 km dari Muara Dua.

Dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, traveler bisa menyewa mobil ke Danau Ranau. Jika traveler ingin naik kendaraan umum, traveler bisa menghentikan bus atau jenis transportasi lokal lainnya di Baturaja.

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



BERITA TERKAIT
BACA JUGA