Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Mei 2020 14:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Ikon Baru Kota Batam

Salsabil Nuryumna
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community -

Kota Batam punya wisata religi cantik bernama Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Masjid ini menjadi ikon baru Kota Batam.

Saat ini Pemerintah Kota Batam sedang memfokuskan pembangunan pada sektor pariwisata. Dengan itu Pemerintah Kota Batam mulai membangun berbagai destinasi wisata untuk menarik wisatawan mancanegara, salah satunya wisata religi.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi ikon baru Kota Batam. Masjid yang terletak di Kecamatan Batu Aji ini merupakan masjid terbesar di Sumatra. Masjid ini memiliki luas kurang lebih 4 hektare dan dapat menampung sebanyak 25.000 jamaah.

Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2017 dan diresmikan pada 20 September 2019. Pada saat peresmiannya, masjid ini mampu menggaet 2.000 wisatawan mancanegara dari Singapura dan Malaysia.

Masjid dengan nuansa Melayu dan Arab ini menarik perhatian wisatawan karena dilengkapi dengan payung membran yang mirip seperti Masjid Nabawi.

Terdapat 8 payung membran setinggi 17 meter diluar ruang utama masjid, saat malam hari tiang payung membran akan mengerluarkan cahaya lampu warna-warni.

Tidak sulit untuk mengunjungi Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, karena terletak jalan utama dan berada di sebelah pasar. Saat sedang ramai pengunjung jangan khawatir kehabisan tempat parkir karena tersedia area parkir yang luas di basemen masjid.

Sayangnya, masjid ini ditutup sementara untuk mencegah penyebaran rantai virus Covid 19. Setelah pandemi berakhir cobalah untuk mengunjungi Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah untuk beribadah sekaligus menikmati keindahannya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA