Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mei 2020 13:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Street Food Legendaris di Yogyakarta

Foto 1 dari 5
Jika sedang berada dikawasan Malioboro anda wajib mencoba Lumpia Samijaya ini
Jika sedang berada dikawasan Malioboro anda wajib mencoba Lumpia Samijaya ini
detikTravel Community -

Andai berlibur ke Yogyakarta, rasanya kurang lengkap jika tidak sekaligus berwisata kuliner. Ini dia daftar street food yang legendaris.

Yogyakarta tidak cuma memiliki santapan gudeg dan bakpia sebagai kuliner enak. Kopi jos, kopi yang diseduh dengan aranng panas, lumpia, es buah, juga wedang ronde tak bsai tidak harus dicicpin setiap kali singgah di Kota Budaya yang katanya terbuat dari rindu itu.

Buat saya, lima street food di Yogyakarta ini pantang dilewatkan. Apa saja?

Berikut 5 strret food yang terkenal di Yogyakarta:

Baca Juga: Keelokan Merapi Garden di Kaki Gunung Merbabu

1. Lumpia Samijaya

Kalau kamu sedang jajan di kawasan Malioboro, kamu harus mencicipi lumpia Samijaya. Tidak hanya gurih, isian lumpianya juga begitu nikmat. Mulai dari rebung, bengkuang, hingga telur puyuh.

Lumpia lumpia Samijaya memang sudah menjadi buruan sejak dulu. Bahkan, tidak jarang para wisatawan menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Lokasi lumpia Samaiji itu berada di depan toko Samijaya, Jl. Malioboro No.18, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari harganya juga terkenal cukup murah, mulai dari Rp.3.500 rupiah hingga Rp 4.000 rupiah per biji, tergantung isiannya.

2. Kopi Joss Angkringan Lik Man

Ingin ngopi di Yogyakarta dan nongkrong asyik tapi bingung mau ke mana? Langsung saja mampir ke Angkringan Lik Man!

Di sini, traveler bisa mencicipi kopi joss, kopi hitam dengan tambahan arang panas yang membara di dalalamnya. Popularitas kopi ini juga sudah sangat terkenal, jadi bagi kamu yang belum pernah mencobanya, jangan lupa untuk mengunjungi kedai angkringan ya! Dijamin mantap.

Loaksi angkringan Lik Man ini ada di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta. Harga kopi joss mulai dari Rp 4.000 rupiah kamu bisa menikmati hangatnya kopi sembari melihat indahnya suasana di kota Jogja.

3. Wedang Ronde Mbah Payem

Jika malam di Yogyakarta terasa dingin, kamu bisa menghangatkan dirimu dengan cara menikmati Wedang Ronde Mbah Payem. Wedang ronde ini sangat melegenda di Yogyakarta, karena telah menjadi satu langganan mantan presiden RI, Soeharto.

Semangkuk ronde dengan kacang yang gurih, kuah jahe, manisan, serta rasa yang sedikit pedas dan hangat di tenggorokan, pasti akan membuat kesan mendalam bagi para pengunjung. Tempat ini juga sangat cocok bagi kalian jika ingin mengajak teman, keluarga, dan pacar. Sembari menikmati indahnya kota Jogja.

Lokasinya berada di Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Untuk harga relatif murah, cuma Rp.7.000 rupiah per porsinya.

4. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Untuk kamu para pecinta kuliner pedas, kalian wajib banget mampir ke Oseng-oseng mercon Bu Narti. Sesuai dengan namanya yakni oseng-oseng mercon, makanan tersebut terkenal sangat pedas, namun kepedasan itu justru membuat orang orang rela antri untuk bisa makan di pinggir jalan.

Oseng-oseng mercon Bu Narti berada di Jl. KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta. 

Kuliner ini sangat populer untuk wisatawan yang berlibur di Yogya. Puluhan orang duduk lesehan di atas tikar pinggir jalan, dengan raut wajah yang tampak terengah-engah dan beberapa sibuk mengelap peluh di keningnya.

Untuk harga berkisar dari Rp 25.000 rupiah tergantung lauk tambahan, dan untuk harga minumnya berkisar Rp 3.000 rupiah sampai Rp 5.000 rupiah.

Baca Juga: Mencicipi Hangatnya Yogyakarta Dalam Segelas Kopi Joss

5. Es Buah PK

Jika kamu merasa haus dan gerah, es buah PK bisa menjadi penawar yang sempurna. Es buah sangatlah melegenda di Yogyakarta berdiri sejak tahun 1973 dan telah menjadi salah satu es buah terfavorit banyak orang.

Es buah dengan isian buah sawo, alpukat, kelapa muda, nangka, cincau hitam dan serutan es ini menawarkan kesegaran dan juga rasa manis yang memuaskan dahaga.

Selain menjual es buah, lapak ini juga menjual bakso daging sapi untuk melengkapi segernya es buah. Lokasinya berada di Jalan Kyai Mojo No.111, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Harganya tergolong murah, untuk es buahnya Rp 8.000 rupiah lalu untuk baksonya Rp 12.000 rupiah.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA