Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Mei 2020 17:14 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Reda Pandemi Corona, Kita Daki Gunung Kerenceng

Foto 1 dari 5
Puncak gunung Kerenceng
Puncak gunung Kerenceng
detikTravel Community -

Yuk kamu yang suka mendaki gunung yang lokasinya nggak jauh ibukota, bisa nih ke Gunung Kerenceng. Pasti seru jika pergi bersama teman-teman.

Lokasi tidak terlalu jauh dari ibu kota, berada di salah satu kabupaten di Jawa barat, dan terkenal dengan dengan tahunya. Yakk bener banget, Sumedang.

Waktu sebelum ditetapkan Covid_19 sebagai darurat nasional, saya dan teman-teman berkesempatan mendaki salah satu gunung di kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Namanya gunung Kerenceng.

Tidak terlalu tinggi, tapi jangan remehkan jalurnya. Menurut saya gunung ini memiliki jalur cukup berat, melewati pemukiman warga, sawah/ kebun, semak dan pohon yg agak rapat juga dibeberapa titik terdapat jalur yg lumayan terjal dan licin.

Tapi menurut saya gunung ini cukup asik untuk camping karena di pos 2 dan 3 lokasinya datar dan cukup luas untuk mendirukan tenda. Saat mencapai puncak kita akan dapat menikmati pemandangan yg sangat indah dari tebing-tebing kawah gunung. Harus tetap hati-hati ya sahabat traveler, karena jalur menuju puncak cukup bahaya, jalurnya kecil dan bersisian dengan jurang.

Gunung Kerenceng merupakan sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Gunung Kerenceng mencangkup Kecamatan Sumedang Selatan, Kecamatan Cimanggung, dan Kecamatan Pamulihan. Gunung Kerenceng mempunyai ketinggian 1.736 meter diatas permukaan air laut Mdpl dengan ketinggian relative 1.680 Mdpl.

Di bagian barat Gunung Kerenceng terdapat puncak lainnya seperti Puncak Pangukusan (1.558 Mdpl) dan Puncak Kareumbi (1.685 Mdpl). Gunung Kerenceng merupakan gunung yang diduga pernah mengalami aktivitas vulkanik. Gunung ini berbentuk strato dengan cerukan menyerupai kawah yang sobek ke arah barat.

Sungai yang berhulu di gunung ini antara lain Sungai Cikarobokan, Sungai Cimanggung, Sungai Cikandang, Sungai Pojok, Sungai Ciguling, Sungai Cilembu, Sungai Cijogjog dan Sungai Cileuleuy.

Nahh itu tadi sedikit cerita pengalaman saya mendaki gunung Kerenceng yg kecil-kecil cabe rawit. Bisa jd rekomendasi destinasi pendakian sahabat traveler usai pandemi covid-19.

Jangan lupa juga bagi yg mau dapet promo-promo keren mulai dari tiket pesawat dalam dan luar negeri, hotel/ penginapan, informasi event juga tips-tips liburan langsung aja unduh aplikasi tiket.com. Buruan rencanain liburan setelah pandemi sebaik mungkin bersama tiket.com.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA