Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Mei 2020 18:31 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Benih Kemerdekaan Disemai di Sini

Tedi Permana
d'travelers
Foto 3 dari 3
Diorama kegiatan belajar siswa STOVIA.
Diorama kegiatan belajar siswa STOVIA.
detikTravel Community -

Atmosfer Hari Kebangkitan Nasional belum sirna. Di gedung STOVIA tempat mendidik tenaga medis Bumiputera di era kolonial tempat disemaikannya kemerdekaan RI.

Gedung STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) itu ada di Jalan Abdurrahman Saleh No.26 Jakarta Pusat. Gedunng itu memiliki nilai sejarah tinggi.

Gedung STOVIA yang resmi digunakan pada Maret 1902 merupakan sekolah kedokteran kaum Bumiputera yang didirikan pemerintah Hindia Belanda untuk medidik para ahli medis tambahan demi membantu menanggulangi wabah dan penyakit waktu itu.

STOVIA merupakan penyempurnaan sistem pendidikan kedokteran Sekolah Dokter Jawa yang sudah didirikan pada tahun 1851 di Rumah Sakit Militer Weltevreeden yang saat ini menjadi  RSPAD Gatot Soebroto.

Baca Juga: Mengenang Serunya Festival Gerobak Sapi di Prambanan

STOVIA merupakan salah satu manifestasi dari trilogi politik etis dari pemerintah Hindia Belanda dalam bidang pendidikan untuk kaum Bumiputera yang diseleksi dari berbagai daerah dengan berbagai latar belakang sosial yang disatukan dalam satu wadah bernama STOVIA.

Interaksi yang terjalin secara rutin dalam satu tempat dalam waktu lama menumbuhkan rasa kebersamaan. Perbedaan budaya, bahasa, dan agama siswa yang melebur menumbuhkan kesadaran bersama sebagai satu bangsa yang harus bersatu. Hingga puncaknya pada tanggal 20 Mei 1908 di deklarasikan organisasi Boedi Oetomo yang diketuai oleh Raden Soetomo.

Baca Juga: Landmark Kota Ternate yang Instagramable

Peristiwa inilah yang menjadi titik tolak kesadaran nasional yang mengilhami munculnya organisasi-organisasi serupa yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena nilai sejarahnya yang tinggi maka setiap tanggal 20 Mei kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional untuk pengingat semangat dalam mengisi kemerdekaan di jaman sekarang.

Setelah pandemi berakhir jangan lupa berkunjung ke Museum Kebangkitan Nasional ya d'Traveler.

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



BERITA TERKAIT
BACA JUGA