Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Mei 2020 09:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pariwisata Raja Ampat Siap Sambut New Normal

Liberius Pajo
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo
Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo
detikTravel Community -

Dalam era New Normal, kegiatan wisata akan mengacu pada protokol yang telah dijalankan selama pandemi COVID. Pariwisata Raja Ampat pun tengah bersiap.

Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat merupakan Kabupaten berbasis Kepulauan. Sektor unggulannya yakni kelautan, perikanan dan pariwisata.

Hanya akibat pandemi COVID-19, pariwisata Raja Ampat lumpuh. Tak ada tamu atau wisatawan, resort, penginapan, homestay dan hotel sunyi. Karyawan diliburkan dan akses menuju spot wisata ditutup sementara.

"Yang jelas kalau kita bicara pariwisata, memang pariwisata salah satu sektor yang terdampak dari COVID-19. Di seluruh dunia, bukan hanya Indonesia, bukan hanya Raja Ampat," kata Yusdi Lamatenggo, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat.

Setelah corona usai, Dinas Pariwisata Raja Ampat akan melakukan upaya pemulihan, perbaikan sarana dan prasarana serta promosi secara masif.

"Kita berharap selesai COVID kita masuk upaya pemulihan, memperbaiki objek-objek wisata, memperbaiki seluruh sarana, prasarana pariwisata, melakukan perbaikan semuanya termasuk promosi besar-besaran," jelas Yusdi.

Bahkan menurut Yusdi, setelah COVID-19, pariwisata Raja Ampat masuk era New Normal di mana semua aktivitas wisata akan mengacu kepada protokol yang telah dilaksanakan selama pandemi COVID. Seperti terus mengontrol kesehatan wisatawan, menyiapkan tempat-tempat cuci tangan di semua objek wisata, jaga jarak wisatawan dan kenyamanan serta keamanan.

"Jadi setelah COVID ini Raja Ampat masuk era baru, yaitu pelayanan wisatawan yang menerapkan prinsip clean, health dan safety," harap Yusdi.

Sejak awal, wisata Raja Ampat menawarkan keindahan dan kekayaan alamnya dan bukannya wisata buatan. Hutan, bukit, pesisir pantai dan laut Raja Ampat menyimpan kekayaan dan keindahan yang dicari oleh wisatawan.

Aktivitas wisata popular di Raja Ampat yakni diving, snorkeling, wisata pengamatan burung cendrawasih, trekking, menjelajahi gua-gua sejarah, wisata memberi makan ikan, berenang bersama hiu dan pari manta, wisata mancing, menyusuri sungai (Kali Biru) dengan airnya berwarna biru dan camping di tengah hutan serta aktivitas menarik lainnya.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA