Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Mei 2020 10:47 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tantangan Membatik di Kampung Batik Giriloyo

Foto 1 dari 5
Penjelasan tentang tahap-tahap membuat batik
Penjelasan tentang tahap-tahap membuat batik
detikTravel Community -

Kampung Batik Giriloyo menjadi salah satu tujuan wisata budaya di Yogyakarta. Traveler bisa mampir untuk belajar membuat batik sendiri.

Yogyakarta merupakan provinsi yang terkenal dengan wisata budayanya. Kekayaan budaya tersebut salah satunya  bisa didapatkan dengan mengunjungi salah satu wisata di Bantul, yaitu Kampung Batik Giriloyo yang bertempatkan di Kecamatan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kampung Batik Giriloyo terkenal akan wisata belajar membatiknya karena warga disini menyediakan paket belajar membatik untuk wisatawan yang berminat. Kampung ini juga merupakan kampung batik terbesar di Yogyakarta, maka tak heran jika Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sering berkunjung di kampung ini.

Baca Juga: Mengenang Serunya Festival Gerobak Sapi di Prambanan


Di Kampung Batik Giriloyo ini juga sangat terkenal dengan penghasil kain batik tulis khas Keraton. Menurut sejarah, kampung ini dulunya banyak ditinggali oleh abdi dalem yang bertugas merawat makam raja-raja Yogya-Solo yang terletak di perbukitan imogiri.

Kemudian, beberapa tokoh dari kerabat keraton memberikan pekerjaan kepada ibu-ibu yang tinggal di daerah situ sebagai buruh nyanting batik. Dari situlah awal mula kampung Batik Giriloyo terbentuk.

Aktivitas yang sangat digemari wisatawan di kampung ini yaitu wisata belajar membatik dan pastinya belanja batik hasil pengrajin disini. Untuk paket wisata belajar membatik disini dikenakan biaya Rp 250.000 (minimal 5 orang). Selain paket wisata belajar membatik, di kampung ini juga banyak menjual kain batik beraneka motif. Harga yang ditawarkan untuk batik tulis sekitar Rp 400.000-Rp 3.000.000, untuk batik cap sekitar Rp 200.000.

Akses yang ditempuh untuk sampai di Kampung Batik Giriloyo ini sekitar satu jam jika menggunakan sepeda motor dari pusat kota Yogyakarta. Akses jalannya cukup mudah walaupun kampung ini terletak di lereng perbukitan Imogiri.

Jadi tunggu apalagi, sempatkan berkunjung ke kampung ini dan kalian akan mendapatkan pengalaman wisata batik mengesankan.

Baca Juga: Landmark Kota Ternate yang Instagramable

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA