Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jul 2020 17:58 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tak Ada Lawan Kalau Bicara Keseruan Gumuk Pasir Parangkusom

ELI HUSEN
d'travelers
Foto 1 dari 5
icon Gumuk Pasir
icon Gumuk Pasir
detikTravel Community -

Yogyakarta memang kaya tempat wisata. Salah satunya yaitu Gumuk Pasir Parangkusomo. Bermain di sini sangat seru!

Gumuk Pasir Parangkusumo berlokasi diantara Pantai Parangkusumo (barat pantai Parangtritis) dan Pantai Depok, Kecematan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gumuk berarti gundukan dalam bentuk kecil. Sehingga arti Gumuk Pasir adalah gundukan pasir yang terbentuk secara alami secara terus menerus dalam waktu yang lama. Tumpukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan. Antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo

Jadi Gumuk Pasir ini terbentuk sejak lama, dari ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu. Setelah pasir berendap di pinggir pantai, kemudia dibentuk oeh tiupan sehingga terbentuk gundukan-gundukan pasir.

Dilangsir dari VoaIndonesia, Gumuk pasir dibentuk secara alami. Pasir dari Erupsi Gunung Merapi terbawa arus air sungai ke daerah pantai, mengering dan terbawa angin ke daratan membentuk tumpukan pasir. Karena itulah, gumuk pasir dianggap hidup karena bisa berubah bentuk dan berpindah tempat.

Gumuk Pasir yang ada di Yogyakarta merupakan Gumuk Pasir yang unik dan istimewa. Unik karena bisa berubah bentuk dan berpindah tempat dikarenakan arus angin dan pengaruh kondisi alam diseitar. Jenis Gumuk Pasir yang ada di Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo adalah jenis Pantai Barchan, kerena membentuk seperti bulan sabit Type Barchan karena ketinggiannya mencapai 5 sampai 15 meter.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo berada di Jl. Pantai Parangkusumo Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Rute menuju Gumuk Pasir:

Dari jogja Kamu tinggal menuju Jl Parangtritis kurang lebih sejauh 26 Kilometer sampai di pertigagaan Makam Syeh Maulana Magrhibi (Hotel Gandung Parangtritis)  Belok kanan ke Jalan Pantai Parangkusumo, lurus kurang lebih 1km. Kamu juga bisa menggunakan google map jika masih bingung.


Keseruan apa aja yang dapat di lakukan di Gumuk Pasir?

Pertama Sandboarding di Gumuk Pasir. Dari tumpukan pasir tersebut kamu bisa melakukan kegiatan yang seru dengan berselancar dari atas bukit pasir menggunakan papan.

Permainan ini mengandalkan keseimbnagan badan. Untuk mencoba sandboarding, kamu harus merogoh kocek sebesar RP 100.000/orang. Harga tersebut bebas untuk berapa orang dan bebas sampai berapa waktu alias sepuasnya. Jadi semisal kamu rombongan 10 orang, kamu bisa patungan dan bergantian memaikanya jadi hanya Rp 10.000/orang. Kamu juga sudah didampingi oleh intruktur yang dapat mengajarimu sampai bisa beramain.

Saran terbaik untuk mencoba Sandboarding kamu kesini ajak beberapa kawan kamu biar harga sewa per orangnya lebih murah. Dan juga dapat bergantian memainkanya karena bisa dipastikan bakalan mudah capek naik bukit pasir berkali-kali.

Lalu spot foto yang unik dan fasilitas yang bisa kamu nikmati.

Selain Sandboarding, di Gumuk Pasir juga ada beberapa spot foto yang instagramabel. Pertama ayunan yang berada di tengah Gumuk Pasir. Ayunan ini terbuat dari kayu dan tali tambang. Lalu spot foto pohon kaktus, pohon kaktus ini memeng identik dengan gurun pasir sanagat cocok jika kalian berfoto disini.

Ada juga taman bunga untuk taman bunga ini ada tiket masuknya sebesar Rp 5.000/orang bisa foto sepuasnya. Sehingga Gumuk Pasir ini sangat cocok untuk foto preweding.

Selain wahana dan spot foto diatas, disini juga terdapar beberapa gasebo yang bisa digunakan untuk berteduh, ada juga warung-warung makan milik warga, mushola dan toilet.

Jika kamu datang ke Gumuk Pasir saat musim hujan kamu dapat menikmati genagan air ditengah-tengah Gumuk Pasir. Fenomena ini hanya terjadi saat musim hujan tiba terbentuk karena intesitas curah hujan yang tinggi sehingga terbentuklah seperti kolam di tengah padang pasir. Genangan itu menambah keindahan pemandangan Gumuk Pasir.

Saat musim hujan tiba, area di Gumuk pasir terdapat kolam air, atau lebih tepatnya genangan air karena curah hujan yang sering atau intens. Dengan adanya genangan air tersebut justru menambah indah pemandangan di Gumuk pasir. Bahkan untuk di pengelola wisata Gumuk pasir yang kedua menyediakan

Waktu yang tepat untuk berkunjug ke Gumuk Pasir sebaiknya pagi atau sore hari, karena pada siang hari suasanya panas sehingga kamu tidak akan puas menikmati keindahnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA