Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jun 2020 12:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Begini Keunikan Lawang Sewu yang Kerap Jadi Spot Foto Pengunjung

Foto 3 dari 5
Bagian atap Lawang Sewu yang dihiasi banyak jendela, membuat para pengunjung bisa menghirup udara segar dan melihat sebagian sudut Kota Semarang.
Bagian atap Lawang Sewu yang dihiasi banyak jendela, membuat para pengunjung bisa menghirup udara segar dan melihat sebagian sudut Kota Semarang.
detikTravel Community -

Lawang Sewu adalah salah satu tempat wisata yang menjadi ikon di Kota Semarang. Keunikan bangunannya mampu mencuri perhatian pengunjung.

Lawang Sewu terkenal dengan cerita angkernya, bahkan kerap digunakan sebagai tempat uji nyali pada malam hari. Terletak di Kota Semarang, tepatnya di Jalan Pemuda, Sekayu, Komplek Tugu Muda, Semarang Tengah, bentuk bangunan dengan arsitekturnya yang unik ini membuat para pengunjung terus menerus berdatangan.

Jika kalian berkunjung ke Kota Semarang, kalian wajib mengunjungi Lawang Sewu, karena banyaknya jendela yang menyerupai pintu membuat kesan tersendiri bagi para pengunjung. Kenyataan di balik jumlah pintu Lawang Sewu ini tidak sampai 1000, kurang lebih sekitar 429 buah. Lawang Sewu adalah bangunan peninggalan Belanda, yang dulunya sebagai Kantor Pusat Kereta Api pada masa penjajahan Belanda.

Cukup menyisihkan uang Rp 10.000 untuk membeli tiket masuk, kita bisa menikmati bangunannya dari dalam. Lawang Sewu menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi para traveler yang suka berburu foto aesthetic dan bisa juga sebagai tempat foto prewedding.

Banyak spot foto yang menjadi incaran para pengunjung, seperti kaca mozaik yang khas, jendela menyerupai pintu yang amat besar atau jembatan penghubung antar bangunan. Spot-spot foto ada di dalam maupun di luar gedung.

Di dalam Lawang Sewu, terdapat museum yang isinya sejarah tentang Kereta Api di dunia. Mulai dari potret foto monokrom, pemutaran video, dan miniatur kuno yang berhubungan dengan kereta api. Banyak yang dapat kita temukan di sana, tidak hanya melepas penat tetapi kita juga bisa sambil belajar sejarah dari bangunan yang unik ini.

Pada Bagian bawah, terdapat bunker bawah tanah, yang dulunya pada masa penguasaan Jepang digunakan sebagai penjara untuk menawan pejuang Indonesia. Bunker bawah tanah ini menyimpan banyak cerita misteri. Tetapi kita tidak perlu takut untuk memasuki bunker bawah tanah ini, karena berkat adanya lampu penerangan tempatnya sudah tidak gelap lagi.

Banyak orang mengatakan bahwa Lawang Sewu terkenal angker. Tetapi, saat kita mengunjunginya, bukan perasaan takut melainkan perasaan senanglah yang muncul. Mungkin karena kita terfokus dengan bangunannya yang megah dan desainnya yang unik. Memang kenyataannya begitu, perasaan puas muncul saat kita mendapatkan foto yang banyak dan bagus berkat dukungan dari bangunannya.

Fasilitas yang diberikan dari Lawang Sewu ini cukup memadai, kita tidak perlu khawatir lagi untuk mencari toilet dan tempat ibadah (mushola). Toiletnya sangat bersih begitu juga tempat ibadahnya. Kedua fasilitas ini adalah suatu dukungan utama dari tempat wisata, karena pengunjung akan merasa puas jika fasilitas yang diberikan juga memuaskan.

Jadi, Lawang Sewu sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan dikala kita ingin menghirup udara segar dan terlena dengan ke sibukan yang ada di dunia. Dengan atapnya yang sangat cantik, bangunannya yang berdiri kokoh membuat para pengunjung selalu takjub dan puas.

Di balik bangunan yang unik ini, pasti ada desainer dan arsitektur yang sangat keret. Jadi, kita harus mengapresiasi karyanya dengan cara mengucapkan terima kasih kepada desainer dan arsitektur dari bangunan Lawang Sewu ini.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA