Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jun 2020 11:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Suasana di Air Terjun Grojogan Sewu yang Menyejukkan

Istiqomah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Panorama Air terjun Grojogan sewu
Panorama Air terjun Grojogan sewu
detikTravel Community -

Karanganyar mempunyai banyak pilihan destinasi wisata yang indah. Salah satunya adalah wisata Air terjun Grojogan Sewu.

Berlokasi di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya berada di lereng Gunung Lawu, dengan ketinggian 81 meter.

Dari pusat Kota Karanganyar, diperlukan jarak tempuh kurang lebih 35 menit. Sepanjang perjalanan menuju wisata, kita akan disuguhkan pemandangan pegunungan, hamparan sawah hijau yang membentang. Saat semakin mendekati lokasi air terjun, udara sejuk akan semakin terasa.

Sesampainya di area parkir, selain terdapat banyak kendaraan yang sudah berjejer rapi, di sana juga banyak kuda yang berbaris siap disewa untuk mengantar pengunjung.

Kemudian, setelah berjalan lebih mendekat ke pintu masuk, banyak warga yang menjajakan dagangannya. Mulai dari tanaman hias, hasil pertanian seperti sayur dan buah, makanan dan minuman (khasnya sate kelinci dan sate landak), hingga oleh-oleh yang dapat dibawa pulang.

Di area wisata, banyak satwa Kera berkeliaran. Pengunjung dapat berinteraksi dengan mereka.

Mulai dari berfoto bersama hingga memberi makanan dengan jarak dekat. Walaupun begitu, kita harus tetap berhati-hati, sebab satwa tersebut terbilang liar dan masih agresif.

Memasuki area pintu masuk, kita akan diarahkan menuruni tangga hingga pada titik air terjun. Walaupun lelah berjalan, namun akan terbayar setelah menyaksikan air terjun Grojogan sewu yang menjadi tujuan utama perjalanan ini.

Keindahan itu berpadu menjadi satu. Pemandangan air terjun yang luar biasa, suara deburan air terjun, pepohonan rindang, udara yang sejuk, ditambah suara burung bersiul saling bersautan semakin menenangkan badan.

Kita dapat duduk di potongan pohon yang sengaja disediakan untuk pengunjung. Bersendau gurau bersama keluarga atau teman, berfoto bersama, bermain game yang seru, hingga bermain bersama anak-anak atau adik.

Tidak hanya itu, kita juga dapat bermain dan merasakan dinginnya air di bawah aliran air terjun. Namun tetap berada di aliran air yang aman, sebab debit air yang keras dapat membahayakan diri jika berada terlalu dekat.

Selanjutnya, kita dapat bermain Flying fox dan Mini rafting, tentunya didampingi oleh pihak yang berpengalaman. Wisata ini juga dilengkapi fasilitas lain seperti layanan informasi, tempat ibadah, toilet, penginapan, kolam renang dan lain sebagainya.

Sesudah bersenang-senang dan menikmati keindahan Air terjun, kita perlu menempuh susunan anak tangga lagi, namun bedanya menanjak. Sangat melelahkan memang, sebab jumlah yang harus dilalui adalah 1.250 anak tangga. Hitung-hitung berlibur sekaligus berolahraga ya teman-teman.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA