Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jun 2020 17:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Hal Menarik dari Museum Ullen Sentalu

shifa sukma
d'travelers
Foto 1 dari 5
Arca yang terdapat di lobby museum
Arca yang terdapat di lobby museum
detikTravel Community -

Yogyakarta menjadi kota favorit untuk menikmati liburan dan mencari destinasi yang unik. Sudah pernah ke museum Ullen Sentalu?

Destinasi wisata yang berada di Yogyakarta tidak perlu diragukan lagi, banyak wisatawan yang mengangumi keindahan kota ini. Berbicara mengenai destinasi wisata , Yogyakarta memiliki museum yang menarik untuk dikunjungi , letaknya yang cukup jauh dari kota membuat museum ini belum banyak di kenal. Berikut 5 hal menarik dari museum ini.

1. Nama Berasal dari Singkatan

Museum ini memiliki nama Ullen Sentalu yang merupakan singkatan dari Ulating bLENcong SEjatiNe TAtaraning Lumaku yang memiliki arti Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Blencong sendiri merupakan lampu yang sering digunakan dalang dalam pertunjukkan wayang kulit yang diartikan selalu memberikan cahaya dan mengarahkan perjalanan hidup.

2. Pemandu Museum yang Interaktif

Setelah membeli tiket yang bertarifkan 40 ribu rupiah per orang sudah termasuk pemandu sementara untuk anak-anak 5 sampai 12 tahun cukup membayar 20 ribu rupiah per orang , maka kita akan menunggu giliran kita untuk dipanggil dalam perjalanan tur mengelilingi museum. Pembagian kelompok tur berdasarkan waktu kedatangan dan akan dijadikan satu menjadi beberapa kelompok. Setelah nama kita sudah dipanggil maka saatnya perjalanan tur akan dimulai. Pemandu wisata sudah siap menemani kita dan memandu perjalanan kita. Pemandu yang sangat ramah dan interaktif menjadi daya tarik tersendiri.

3. Tidak Sembarangan untuk Mengambil Foto

Persiapan untuk melakukan perjalanan museum , pemandu akan menghimbau agar tidak mengaktifkan handphone dan dilarang untuk memfoto koleksi selama tur museum berlangsung. Pemandu akan memberikan waktu dan tempat khusus untuk mengabadikan momen di museum ini. Beberapa ruangan yang berisikan koleksi dilarang untuk mengambil foto. Koleksi museum ini berasal dari seorang koletor yang tertarik mengenai budaya dan seni jawa.

4. Mengenalkan Sejarah Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo

Museum Ullen Sentalu menceritakan mengenai terbentuknya Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo. Beberapa koleksi foto yang disajikan melihatkan keluraga dari keraton Yogyakarta dan Solo dari masa ke masa. Pengunjung dapat melihat koleksi berupa lukisan, arca, gamelan dan juga batik asli yang di perlihatkan dalam museum ini.

5. Jamu Awet Muda

Perjalanan tur museum Ullen Sentalu dapat ditempuh selama 45 menit 1 jam. Setelah melakukan perjalanan, pengunjung akan diberikan minuman jamu yang dipercaya membuat awet muda. Pengunjung akan di bawa ke dalam ruangan yang nyaman untuk menikmati jamu yang telah disajikan. Hal ini juga menjadi bagian akhir dalam perjalanan tur Museum Ullen Sentalu. Pemandu akan berpamitan dan mengakhiri perjalanan. Pengunjung dibebaskan untuk mengabadikan momen di tempat yang sudah ditentukan.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA