Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jul 2020 18:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kisah Legenda di Balik Candi Prambanan

Surya Pradana
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community -

Candi Prambanan merupakan sebuah destinasi wisata sekaligus budaya yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kita dapat menempuh sekitar kurang lebih selama 30 menit jika kita berangkat dari pusat kota.

Tetapi, menarik untuk dibahas adalah apakah Candi Prambananan hanya sebatas tempat wisata dan budaya saja? Atau lebih dari itu?

Candi Prambanan merupakan sebuah candi Hindu yang terbesar di Indonesia sekaligus salah satu yang terindah dari banyaknya candi yang ada di Indonesia. Untuk menikmati pemandangan Candi Prambanan ini, kita perlu mengeluarkan uang sebanyak kurang lebih Rp 50 ribu untuk dewasa dan Rp 25 ribu untuk anak-anak usia 3-10 tahun.

Candi Prambanan itu sendiri tidak hanya sekadar menjadi sebuah ajang wisata atau tempat rekreasi semata saja. Candi Prambanan sendiri memiliki kisah legenda yang sudah diceritakan secara turun-temurun, yaitu kisah antara Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Kisah hubungan mereka merupakan sebuah awal dari terbentuknya Candi Prambanan itu sendiri. Konon, Bandung Bondowoso yang ingin mempersunting Roro Jonggrang harus membangun 1000 candi dalam satu malam. Namun Bandung Bondowoso gagal lantaran ayam telah berkokok sebelum tugas itu tuntas. Di daerah Candi Prambanan, masih terdapat seperti runtuhan-runtuhan candi yang masih belum tersusun.

Tetapi tetap, hal tersebut merupakan sebuah cerita legenda, mengenai benar atau tidaknya cerita tersebut masih belum dapat diketahui secara pasti. Sedangkan di dalam komplek Candi Prambanan itu sendiri, terpadat 3 Candi Trimurti, 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, 4 Candi Patok, 4 Candi Kelir, dan 224 Candi Perwara. 3 Candi Trimurti tersebut yaitu Candi Siwa, Candi Wisnu, dan Candi Brahma.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA