Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Jul 2020 15:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Air Terjun Lembah Pelangi di Lampung

Ilyas Rifa'i
d'travelers
Foto 1 dari 5
Air Terjun Lembah Pelangi
Air Terjun Lembah Pelangi
detikTravel Community -

Lampung tidak hanya populer akan pantainya, tapi juga air terjun indah. Di Tanggamus misalnya, ada Air Terjun Lembah Pelangi.

Air Terjun Lembah Pelangi berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus Lampung. Jaraknya sekitar 119 km dengan waktu tempuh normal sekitar 4 jam perjalanan.

Penamaan Air Terjun Lembah Pelangi ini karena pelangi yang muncul di air terjun ini. Akibat pembiasan yang terjadi antara pantulan air terjun yang terkena bebatuan dan sinar matahari.

Gemuruh air yang mengalir ke bawah menambah sensasi kesejukan yang ada di air terjun ini, terlebih hempasan air yang terbawa angin membuat sahabat akan merasakan sejuknya lokasi hutan ini.

Air terjun Lembah Pelangi ini sangat indah dan jadi rekomendasi bagi pecinta wisata. Untuk mencapai air terjun ini tidak sulit, karena bisa dicapai dengan kendaraan. Selanjutnya yang butuh tenaga untuk berjalan turun ke lokasi air terjunnya.

Air terjun Lembah Pelangi memiliki dua tingkatan, dengan air terjun pada tingkatan kedua memiliki cabang. Tinggi air terjun pada tingkat pertama diperkirakan mencapai lebih seratusan meter dan belasan meter ketinggian air terjun tingkatan kedua.

Semula air terjun ini bernama Air Terjun Pondok Rejo, tapi belakangan warga setempat sepakat menyebutnya sebagai Air Terjun Lembah Pelangi.

Air Terjun Lembah Pelangi Ada Dua

Sesampai di lokasi, akan anda dengar gemuruh air yang jatuh dari ketinggian, menghantam air yang di bawahnya. Embun dari air yang tertiup angin akan menyapu wajah anda dan sensasi dingin dan sejuk langsung terasa.

Dan eksotismenya, Air Terjun Lembah Pelangi di Ulu Belu ini terdiri atas 2 air terjun, satu di bagian atas dengan ketinggian air terjun sekitar 90 meter. Cukup tinggi bukan?

Air Terjun yang ke dua, berjarak sekitar 50 meter ada di bawah air terjun yang pertama. Medan menuju air terjun yang ke dua ini lebih curam. Jadi pengunjung harus ekstra hati-hati saat menuju ke air terjun kedua ini.

Jika Air Terjun Lembah Pelangi yang pertama hanya berupa satu aliran air yang cukup tinggi, berbeda dengan air terjun yang kedua. Ada dua aliran air terjun di lokasi ke dua ini, dengan ketinggian yang lebih pendek dan dengan pemandangan yang super indah.

Selain air terjun, ternyata ada sumber air panas alami juga di Air Terjun Lembah Pelangi. Setelah puas mandi dan badan kedinginan menikmati air terjun, pengunjung dapat merasakan kehangatan dari sumber air panas ini. Keren bukan?

Keindahan dan kemegahan air terjun ini bisa dijuluki sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Tanggamus. Anda bisa menjadikan lokasi ini sebagai daftar kunjungan Anda berikutnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA