Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Sep 2020 09:47 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menyusuri Sungai Bassac di Chao Doc Vietnam

Lena Ellitan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Potret pagi di sungai Bassac
Potret pagi di sungai Bassac
detikTravel Community -

Salah satu penjelajahan menarik di Chau Doc adalah melihat langsung masyarakat pesisir Sungai Bassac. Kehidupan peternak ikan dan masyarakat Chao Doc yang damai.

Sungai Bassac yang dalam bahasa Khmer disebut Tonle Bassac merupakan lanjutan atau penyalur dari Tonl Sap dan Sungai Mekong. Tonl Sap bisa kita lihat ketika kita mengunjungi Phnom Pehn. Sungai Bassac mulai mengalir dari Phnom Penh, Kamboja, dan mengalir ke selatan, melintasi perbatasan ke Vietnam.

Di Vietnam, Sungai Bassac dikenal sebagai Sungai Hu atau atau Hu Giang dalam bahasa Vietnam. Sungai Bassac merupakan koridor transportasi penting antara Kamboja dan Vietnam, dengan tongkang dan kapal lain yang melintasi perairan.

Sebuah kota dengan nama yang sama pernah menjadi ibu kota tepi barat Kerajaan Champasak. Saya sendiri kurang tau bagaimana kaitan hal-hal ini, sehingga saya perlu melakukan eksplorasi lebih mengenai hal ini.

Tiga jembatan membentang di Bassac yaitu jembatan Monivong dan Takhmao di Phnom Penh, Kamboja dan Jembatan Cn Th di Cn Th di Vietnam. Sekitar 8,5 kilometer menuju basak terletak sebuah reruntuhan kuil kuno Prasat Prey Basak yang hancur saat perang Vietnam akibat pemboman hebat dari militer Amerika Serikat. 

Candi Prasat Prey Basak dibangun pada masa kerajaan Funan selama abad ke-2 dan ke-3. Kuil itu berusia antara 1900-2000 tahun. Ini dianggap sebagai Prasat tertua di Kamboja karena berasal dari sebelum Chenla selama era Funan.

Menyusuri sungai Bassac sangat tepat dilakukan di pagi hari. Setelah semalam tidur nyenyak di Hotel Hai Chao yang tidak jauh dari pusat kota, pasar tradisional Chao Doc, meupun dermaga sungai Bassac. Sungguh pengalaman perjalanan yang tidak terlupakan.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA