Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Sep 2020 19:44 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menembus Lorong Waktu di Museum Sejarah Osaka

Lena Ellitan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Potret di rumah adat Musium Sejarah Osaka
Potret di rumah adat Musium Sejarah Osaka
detikTravel Community -

Museum Sejarah Osaka dibangun pada 2003. Bangunannya berdiri di gedung modernis tinggi di seberang Istana Osaka dan terhubung langsung ke NHK Broadcast Center.

Museum Sejarah Osaka adalah adalah tempat yang wajib kita kunjungi ketika kita berkunjung ke kota di Jepang ini. Musium ini memberikan pandangan mendalam tentang sejarah lokal dengan cara yang paling menghibur dan berkesan.

Museum yang dibuka pada tahun 2003 ini berdiri di gedung modernis tinggi di seberang Istana Osaka dan terhubung langsung ke NHK Broadcast Center. Di dalamnya terdapat serangkaian pajangan yang secara grafis menceritakan kisah perkembangan Osaka dari zaman kuno hingga saat ini. Dari lantai atas museum, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kastil terdekat yang sangat indah.

Pintu masuknya berada di atrium yang menghubungkan museum dan gedung NHK di belakangnya. Pameran museum ditampilkan di lantai atas gedung, jadi setelah membayar biaya masuk, pengunjung akan dipandu ke lift. Lift inin akan membawa pengunjung ke atas gedung di lantai 10 dan dari sini kita akan kembali ke bawah sambil melakukan perjalanan mendalam melintasi waktu.

Lantai 10 didedikasikan untuk masa lalu kuno Osaka. Tepat di luar museum terdapat sisa-sisa Istana Naniwa kuno, pusat pemerintahan Jepang dari 645 - 793. Reruntuhan ini hanya ditemukan pada tahun 1953, tetapi sekarang dapat dilihat dari jendela lebar di bagian atas museum, dan dibandingkan dengan diagram dan sketsa seperti apa bangunan istana aslinya. Bagian dari istana telah direkonstruksi di lantai atas ini dengan pilar-pilar besar berwarna merah terang, dan boneka-boneka yang mengenakan kostum istana kekaisaran.

Di Museum ini dibangun juga juga model skala istana di berbagai tahapan sejarahnya, video yang menggambarkan kehidupan istana, dan artefak dari masa-masa tersebut yang telah ditemukan selama penggalian arkeologi.

Lantai 9 museum menceritakan kisah perkembangan kota Osaka sebagai pelabuhan dan pusat perdagangan yang sibuk selama abad pertengahan dan periode modern awal. Di sini ada banyak model skala dan diorama bagus yang menggambarkan kehidupan kota. Perhatian terhadap detail sangat mengesankan dan akan memikat pecinta sejarah dari segala usia.

Sedangkan lantai 8 adalah rekonstruksi penggalian arkeologi dengan alat yang sebenarnya digunakan untuk mengungkap masa lalu. Staf museum siap memandu pengunjung melalui bagian ini dan menunjukkan bagaimana fragmen masa lalu dapat digunakan untuk memecahkan misteri sejarah.

Lantai 7 menampung reproduksi seukuran jalan-jalan kota Osaka dan rumah tangga di awal abad ke-20. Foto dan berbagai benda rumah tangga dari era tersebut mengungkap lebih banyak tentang kehidupan sehari-hari masyarakat dalam sejarah Osaka terkini. Di lantai lain terdapat area pameran khusus yang tidak selalu digunakan dan perpustakaan referensi. Lantai 1 memiliki lobi dengan tempat duduk, restoran, dan toko museum.

Museum Sejarah Osaka berdiri di seberang sudut barat daya Taman Istana Osaka dan stasiun terdekat adalah Stasiun Tanimachi Yonchome yang melayani jalur kereta bawah tanah Chuo dan Tanimachi. Dari Stasiun Osaka, rute terbaik adalah pindah ke Stasiun Higashi Osaka-Umeda dan naik Jalur Subway Tanimachi ke selatan. Pintu Keluar 9 Stasiun Yonchome Tanimachi berada tepat di luar museum. Sebagai pejalan, aspek sejarah selalu menjadi salah satu hal menarik dan memberikan wawasan tersendiri, oleh karena itu jangan lewatkan Musium Sejarah Osaka dalam daftar kunjungan ke Osaka



BERITA TERKAIT
BACA JUGA