Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Sep 2020 12:47 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Vitamin Sea dari Lombok, Pantai Selong Belanak

Lena Ellitan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pesona Pantai Selong Belanak
Pesona Pantai Selong Belanak
detikTravel Community -

Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang sudah cukup dikenal oleh pejalan terutama keindahan pemandangan dan garis pantainya. Pantai ini memiliki garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit yang cantik, yang dihiasi dengan bukit-bukit yang menyeruak di bagian ujung sabit.

Pantai ini merupakan bagian dari Teluk Selong Belanak dan memiliki tepi dengan panjang sekitar 1 kilometer. Pantai Selong Belanak juga berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Di sisi selatan pantai Selong Belanak saat ini digunakan penduduk sebagai area pemukiman keluarga nelayan yang tinggal di area tersebut. Pantai Selong Belanak seolah melengkapi Pulau Lombok dengan suguhan keindahan pantai-pantainya yang tak kalah dari Pulau Bali.

Perkembangan wisata, dan keinginan penjelajah untuk mengeksplorasi pengalamannya menjadikan wisata pantai Lombok menjadi semakin hidup. Konon setiap pantai di Pulau Lombok memiliki karakteristik dan pesona yang khas.

Di sisi Utara Pantai Selong Belanak, merupakan area yang bebas dari aktivitas penduduk setempat. Selain pasir pantainya yang halus putih, kontur pantainya juga landai, ombaknya relatif tenang. Dengan kondisi ini, para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di area pantai. Kita bebas sekedar bersantai, berjalan-jalan menikmati suasana, berjemur, berenang, dan lain sebagainya.

Di Pantai Selong Belanak juga disediakan perahu nelayan setempat yang dapat kita sewa untuk memancing. Karena lokasi yang tidak jauh dari pemukiman nelayan, kita juga bisa menyaksikan kehidupan penduduk setempat yang sederhana.

Kita dapat melihat langsung bagaimana anak-anak yang membantu orang tuanya dengan mengangkut air tawar untuk kebutuhan sehari-hari, nelayan yang memperbaiki jala dan perahunya, atau para istri yang sedang membakar hasil tangkapan suaminya, dan masih banyak lagi.

Walaupun bisa dibilang pantai Selong Belanak tidak sepopuler pantai-pantai lainnya di Pulau Lombok, namun pesona pantai ini memiliki kekhasan tersendiri. Pantai ini juga memiliki suasana nan damai. Dan hanya akan ramai dikunjungi pada masa liburan.

Ketika bukan suasana liburan maka pantai ini hanya sedikit pengunjung. Untuk mendapatkan suasana hati santai, damai dan tenang, Pantai Selong Belanak Lombok menjadi tempat alternatif mantai yang sangat cocok.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA