Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Okt 2020 13:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Semak Daun yang Airnya Bening Banget

Gema Bayu Samudra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pulau Semak Daun
Pulau Semak Daun
detikTravel Community -

Kepulauan Seribu mempunyai destinasi ciamik yang patut dikunjungi, salah satunya Pulau Semak Daun. Pulau kecil namun memiliki sejuta pesona.

Saat menginjakkan kaki pertama kali di pulau ini, kesan pertama adalah pulau ini memiliki air yang bening banget. Air di sekitar pulau sangat jernih dan pasirnya yang putih bersih.

Airnya yang berwarna biru kehijauan seakan menggoda kami untuk berenang. Dan, tanpa membuang waktu kami memutuskan untuk berenang dan snorkeling.

Kejernihan air membuat panorama bawah lautnya gampang diintip. Bisa jadi karena pulau ini cuma ditinggali beberapa orang, penjaga pantai dan pemilik warung, makanya air di sekitarnya berish betul.

Pulau ini juga terkenal dengan sunsetnya yang cantik dan penangkaran penyu sisik. Dari sekian banyaknya pulau di Kepulauan Seribu, Pulau Semak Daun merupakan salah satu dari tiga pulau yang dijadikan tempat penangkaran penyu sisik, penyu ini termasuk langka di Indonesia.

Fasilitas yang disediakan di pulau ini hanya listrik, kamar mandi, dan warung. Tidak ada penginapan, apabila ingin bermalam sebelum berangkat bisa menyiapkan segala peralatan berkemah.

Pulau yang berada di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta ini patut dikunjungi karena kita bisa melakukan banyak hal, seperti melihat penyu, berenang, snorkeling, diving, memancing dan berkemah. Cocok banget deh buat kamu yang pengen refreshing di akhir pekan.

Rute, Waktu dan Biaya

Untuk menuju ke Pulau Semak Daun, dari Pelabuhan Muara Karang/ Marina Ancol terlebih dahulu menuju ke Pulau Pramuka untuk transit.

Lalu diteruskan ke Pulau Semak daun. Estimasi waktu dibutuhkan dari Pelabuhan Muara Karang/ Marina Ancol-Pulau Pramuka sekitar 3-4 jam dan dari Pulau Pramuka ke Pulau Semak Daun sekitar 40-60 menit.

Soal biaya, dari Muara Karang-Pulau Pramuka hanya sebesar 50-60 ribu. Dari Marina Ancol-Pulau Pramuka 160 ribu. Pulau Pramuka-Pulau Semak Daun sekitar 300-800 ribu tergantung jumlah penumpang. Biaya masuk Semak Daun hanya 35.000 ribu dan biaya apabila menggunakan listrik di rumah penjaga.

 



BERITA TERKAIT
BACA JUGA