Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Okt 2020 10:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kawah Putih, Pesona Alam Bandung yang Tak Biasa

Gema Bayu Samudra
d'travelers
Foto 4 dari 4
Jangan lupa berfoto
Jangan lupa berfoto
detikTravel Community -

Bandung tak hanya sekadar kota biasa. Pesona alamnya mampu membuat kita terpana. Salah satunya adalah Kawah Putih yang cantiknya tak biasa.

Kawah Putih yang berada di kaki Gunung Patuha, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung ini merupakan kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Ketinggian Gunung Patuha ini mencapai 2434 meter di atas permukaan laut (mdpl) tapi kawahnya di ketinggian 2194 Mdpl. Kawah putih mempunyai luas 25 hektar, kawasan wisatanya 5 hektar dan kawahnya sendiri hanya 3 hektar.

Kawah ini punya pesona dari gradasi warnanya, mulai dari kebiruan, hijau keputihan dan coklat. Hal ini disebabkan oleh konsentrasi belerang dan suhu di sekitar kawah.

Dampak belerang ini juga menyebabkan pasir dan bebatuan di sekitar kawah menjadi warna keputihan, serta bau belerang yang menyengat dari uap dan gas yang keluar dari kawah.

Terlepas dari itu, ciri warna keputihan di Kawah Putih ini menjadi tak biasa karena jarang dimiliki oleh wisata alam di Indonesia.

Pemandangannya yang khas, mulai dari gradasi warna kawah, pasir putihnya, bebatuan berukuran besar, gugusan Gunung Patuha dan tumbuhan edelweiss menambah kesan eksotis pada kawah ini.

Rute, Waktu, Biaya dan Jam Buka

Rute tercepat dari Bandung ke Ciwidey bisa menggunakan tol Soroja (Soreang-Pasir Koja) selain memangkas waktu juga menghindari macet yang sering terjadi di kawasan Sayati, Margahayu dan Pasar Soreang. Harga tol untuk kendaraan golongan I sebesar Rp 7.500. Untuk menggunakan non tol bisa gunakan rute Kopo-Soreang-Ciwidey.

Apabila menggunakan kendaraan umum, start dari Terminal leuwi Panjang menggunakan bus jurusan Leuwi Panjang-Soreang, setelah sampai cari angkutan jurusan Soreang-Ciwidey, lalu dari Terminal Ciwidey menggunakan angkot jurusan Ciwidey-Pasirjambu ke arah Kawah Putih. Waktu yang diperlukan dari Kota Bandung ke Kawah Putih sekitar 2 jam.

Soal biaya, harga masuknya Rp 25.000/orang. Soal parkir juga dikenakan biaya yang bervariasi, kawasan Kawah Putih terdiri dari 2 parkir yaitu parkir atas yang lokasinya dekat dengan kawah dan parkir bawah. Parkir atas untuk mobil Rp.150.000. Parkir bawah mobil dan motor sebesar Rp 6.000 dan Rp 5.000 ditambah dengan menggunakan kendaraan ontang-anting untuk pulang pergi dari kawah ke parkir bawah sebesar Rp 15.000/orang. Jam buka dari 07.00-17.00 WIB Senin-Minggu.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA