Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Des 2020 09:23 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan Green Canyon, Ini Cikahuripan dari Bandung

Graece Tanus
d'travelers
Foto 1 dari 5
Sungai Cikahuripan yang identik dengan Green Canyon
Sungai Cikahuripan yang identik dengan Green Canyon
detikTravel Community -

Sebuah sungai di Kabupaten Bandung mengundang perhatian. Namanya Cikahuripan, bentuknya mirip Green Canyon.

Cikahuripan yang mempunyai arti air yang membawa kehidupan. Sungai ini anakan dari sungai Citarum Purba yang terletak di kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Meski letak Sungai Cikahuripan terpencil, namun pesonanya dapat membuat detak kagum para wisatawan.

Perjalanan mencapai Sungai Cikahuripan dari tempat parkir kita diajak menyusuri jalan setapak selama 30 menit. Sepanjang perjalanan kita dapat menikmati keindahan tebing batu dan bebatuan di aliran sungai mati. Tak perlu khawatir karena jalur berjalan kaki relatif aman untuk dinikmati segala usia.

Daya tarik dari sungai Cikahuripan adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai serta dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai menjadikannya mirip seperti di Green Canyon. Air di sungai ini berasal dari 2 mata air yang berbeda dengan warna biru kehijauan.

Selain itu rakit bambu menjadi daya tarik lainnya yang dapat digunakan para wisatawan menyusuri mini Green Canyon ini. Tak perlu khawatir saat berada di atas rakit karena para petugas di sana sangat cekatan dan kooperatif dalam memberi arahan termasuk saat ingin berfoto di atas rakit. Selain itu harga sewa rakit pun masih dipatok dengan harga sukarela.

Saat ini Sungai Cikahuripan meski letaknya terpencil selain sebagai destinasi wisata alam juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata untuk mengenal sungai purba.Kedalaman sungai ini terbilang dangkal, kurang lebih 4 meter

Tak jauh dari Sungai Cikahuripan ada beberapa destinasi wisata lainnya yang dapat dijelajahi seperti Waduk Saguling, Sanghyang Poek dan Sanghyang Kenit.

Penasaran dengan semua keindahannya? Ayo bergegas mengunjunginya, meski Green Canyon ini tak sebesar di Pangandaran namun keindahannya tetap membuat decak kagum dan kesejukan alamnya dapat menjadikan kita kembali bersemangat.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA