Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2013 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Traveling ke Korea Utara, Bagaimana Caranya?

Afif Farhan
detikTravel
Panmunjom, tempat melihat Korea Utara dari kejauhan (Panmunjom)
Panmunjom, tempat melihat Korea Utara dari kejauhan (Panmunjom)
Jakarta - Korea Utara dikenal sebagai negeri tak terjamah. Cukup sulit bagi traveler untuk mendapatkan visa dan juga jasa paket tur wisata ke sana. Bagi Anda yang masih penasaran dan ingin traveling ke Korea Utara, begini caranya!

Karena alasan belum terjamahnya, Korea Utara jadi magnet dari traveler yang ada di dunia. Mereka dibikin penasaran tentang kehidupan di sana, bentangan alam, hingga kebudayannya. Jangankan masuk ke negaranya, baru masuk ke perbatasannya saja sudah ada wisata yang menegangkan!

Dilongok dari situs resmi DMZ Tours, Kamis (10/10/2013), Korean Demilitarized Zone (DMZ) adalah perbatasan Korut dan Korsel. Wilayah tersebut dipenuhi tentara, senapan, meriam, ranjau, hingga tank baja. DMZ membentang sepanjang 250 km dengan lebar 4 km.

Untuk tur seharian di perbatasan dua Korea tersebut, dipatok harga KRW 135.000 (Rp 1.150.000) per orang. Selama dari pukul 08.00-17.00 waktu setempat, Anda bakal diajak ke berbagai landmark dan bangunan bersejarah yaitu Imjingak Park, Freedom Bridge, The Third Tunnel, DMZ Theater, juga Dora Observatory.

Masih belum puas? Anda akan diantar ke Panmunjom atau biasa disebut Joint Security Area (JSA). Anda bisa melihat Korea Utara dari kejauhan dan mengamati tentara-tentara perbatasan berseragam militer dan membawa senapan.

Tak hanya itu, ada juga Bridge of No Return, yaitu sebuah jembatan yang melewati Korea Selatan dan Korea Utara tapi telah ditutup di tengah-tengahnya. Di sisi Korea Utara, ada tentara yang meneteng senapan dan bakal menindak tegas siapa pun yang melewati batas negaranya di jembatan tersebut. Ngeri!

Selain itu, ada beberapa travel agen yang menawarkan perjalanan ke Korea Utara. Seperti Regent Holidays, travel agen asal Inggris ini menawarkan paket menjelajahi Kota Pyongyang, ibukota Korea Utara.

Traveler dijanjikan akan jalan-jalan melihat monumen-monumen, kuil, gedung-gedung bersejarah di Korea Utara, hingga ke Gunung Myohyang yang terkenal sangat tenang dan sunyi. Turnya pun berlangsung selama 9 hari, dengan harga mulai dari 1.670 Poundsterling atau sekitar Rp 29 juta.

Perjalanan dengan Regent Holidays pun pasti dimulai dari Beijing di China. Memang, hanya Beijing satu-satunya jalur transportasi yang bisa dilewati traveler dengan naik pesawat menuju Pyongyang.

Bagaimana caranya kalau menuju Korea Utara dari Indonesia? Caranya adalah dengan menggunakan travel agent dari Korea Utara. Tapi ingat, belum ada travel agent asal Korea Utara yang ada di Indonesia.

"Kalau serius mau ke Korea Utara bisa melalui kedubes kami. Nanti surat tertulis berapa jumlah orang dan tanggal berapa akan berangkat. Lalu, kami akan memberikan rincian harganya setelah koordinasi dengan travel agent di Korea Utara," tutur salah satu staf Kedubes Korea Utara yang beralamat di Jl Teluk Betung, Jakarta Pusat kepada detikTravel.




(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA