Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Apr 2014 19:38 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Auooouoo...! Hutan Tarzan Sungguhan Ada di Kamerun

Air Terjun Ekom-Nkam, tempat syuting Tarzan (Getty Images)
Ngkongsamba - Hutan lebat dengan akar pohon dimana-mana untuk bergelayutan. Gorilla sampai simpanse meramaikan seisi rimba. Mungkin wisatawan tidak percaya, tapi tempat tinggal Tarzan sungguhan ada di Kamerun!

Tarzan di Raja Rimba adalah buah pena Edgar Rice Burroughs seabad silam dan sudah menjelma menjadi sejumlah film layar lebar dan animasi. Dari mana Burrough mendapat inspirasi untuk membuat buku si penguasa para hewan ini?

Tempat di Afrika yang paling mendekati deskripsi Burroughs adalah Kamerun. Itulah sebabnya ketika Hollywood pertama kali memfilmkan Tarzan tahun 1984, Kamerun adalah pilihan sempurna.

Nah, hutan rimba lokasi syuting tempat tinggal Tarzan, masih ada sampai sekarang dan kini menjadi objek wisata. Dari BBC saat dilihat, Rabu (23/4/2014) ada sejumlah destinasi yang patut didatangi jika wisatawan ingin merasakan dunia rimba ala Tarzan.

Mulailah petualangan dari kota pantai Limbe, pantai berpasir yang berbatasan dengan Nigeria. Bayangkanlah Jane, kekasih Tarzan terdampar di sini sebelum berjumpa dengan Tarzan. Limbe kini menjadi kota nelayan berhiaskan perahu dan aneka wisata kuliner seafood yang segar.

Setelah itu, kunjungilah Limbe Wildlife Centre untuk berjumpa dengan para sahabat Tarzan. Di sini ada 16 spesies primata dari simpanse, gorila, monyet, dll. Kawasan konservasi ini dibuat sangat mirip dengan habitat aslinya.

Puas bermain dengan para monyet, saatnya masuk hutan hujan tropis di Gunung Kamerun. Daerah ini adalah habitat gorila punggung perak, simpanse dan monyet serta cocok untuk aktivitas bird watching. Wisatawan bisa mendaki sampai puncak gunung setinggi 4.040 mdpl dalam 3 hari perjalanan.

Bergeser 300 km ke timur laut, sampailah kita di Kota Bamenda dan Bafut. Di sini ada kerajaan lokal berumur 400 tahun. Kita bisa melihat Istana dan Museum Bafut dan memahami sejarah masyarakat tribal di sana.

Di kawasan ini ada Zwinkels House and Trekkers Camp Belo, guesthouse milik operator wisata Zwinkels Tours. Zwinkels melayani ekspedisi naik gunung ke Gunung Kamerun. Atau, nikmatilah kunjungan ke Ndwara Highland Tea, perkebunan teh terbesar di Afrika barat.

Terakhir, sempurnakan wisata Tarzan dengan mendatangi lokasi syutingnya di Air Terjun Ekom-Nkam di daerah Nkongsamba. Daerah sekitar air terjun penuh dengan lumut, pohon mahoni dan aneka tumbuhan merambat dan menggantung. Air terjun setinggi 82 meter ini jatuh dengan suara berdebur yang menghipnosis.

Pemuda lokal mencari uang 1-2 dollar dari wisatawan dengan menawarkan aksi ala Tarzan. Mereka berteriak, "Auoouooo!". Lantas bergelayutan dari akar gantung yang satu ke akar gantung yang lainnya. Sungguh penutup liburan ke hutan Tarzan yang dramatis.



(fay/ptr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA