Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Feb 2015 08:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bandara di Tibet Ini Lebih Tinggi dari Puncak Gunung Kerinci

Afif Farhan
detikTravel
Bandara Qamdo Bamda (Youtube)
Bamda -

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, dengan tinggi 3.805 mdpl. Tapi tahukah Anda, ternyata di Tibet ada bandara yang tingginya lebih dari itu. Namanya Bandara Qamdo Bamda!

Dari berbagai informasi yang dikumpulkan detikTravel, Senin (2/2/2015) Bandara Qamdo Bamda berada di ketinggian sekitar 4.334 mdpl. Tentu, puncak Gunung Kerinci, Rinjani atau Semeru yang masuk dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia tidak ada apa-apanya.

Mari kenali lebih dekat Bandara Qamdo Bamda. Bandara ini lokasinya berada di kawasan Bamda, Changdu, Tibet, Tiongkok. Dibuka sejak tahun 1995, lokasi bandara ada di atas pegunungan dengan waktu tempuh dari pusat Bamda selama 3 jam.

Bagi masyarakat Bamda, bandara tersebut merupakan akses termudah untuk mengunjungi kota-kota di Tiongkok. Dua maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Bamda yakni Air China dan Tibet Airlines yang terbang 4 kali sehari. Masyarakat Bamda sendiri, populasinya mencapai 600 ribu jiwa lebih.

Bandara Qamdo Banda menjadi yang tertinggi kedua di dunia. Setelah sebelumnya menjadi yang pertama, namun dipecahkan oleh Bandara Daocheng yang juga ada di Tiongkok pada 2013 lalu. tepatnya, di Provinsi Sichuan dengan ketinggian 4.411 mdpl.

BACA JUGA: Bandara Tertinggi di Dunia Dibuka di China

Tapi tetap saja, Bandara Qamdo Banda terkenal sebagai bandara yang mengerikan untuk para pilot. Bukan tanpa sebab, tekanan oksigen yang tipis dapat mengurangi konsentrasi dan sangat berpengaruh pada kerja mesin serta sayap pesawat, ketika pesawat hendak mendarat. Pilot harus teliti dan cepat mengambil keputusan.

Bandara Qamdo Banda pun disebut-sebut memiliki landasan pacu terpanjang di dunia, mencapai 5.500 meter panjangnya. Mau coba mendarat di sana?

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA