Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Apr 2015 17:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal 5 Suku Dayak di Kinabalu, Malaysia

detikTravel

Halaman 1 dari 6

(Silvia/detikTravel)

Kinabalu -

Di kawasan Borneo yang masuk wilayah Malaysia, terdapat pula beberapa etnis Dayak seperti halnya di Kalimantan. Wisatawan bisa datang ke desa mereka dan melihat kebudayaan mereka dari dekat yang mirip dengan di Kalimantan.

Mari-mari adalah desa buatan yang berada di Kobuni, Distrik Inanam, dioperasikan sejak 2008 dengan sistem self-funding. Di sini dibangun miniatur desa masyarakat asli Sabah mengikuti bentuk aslinya, termasuk bentuk rumah, posisi kamar, pintu, dan dapur.

Sabah memiliki lebih dari 30 kelompok masyarakat asli Dayak. Lima etnis terbesar adalah Kadazan-Dusun (gabungan Kadazan dan Dusun), Lundayeh, Bajau, dan Murut. Dengan alam berkontur dan berada di tepi sungai, wisatawan akan diajak merasakan bagaimana kehidupan asli Borneo dahulu hingga masa kolonial Inggris.

detikTravel atas undangan AirAsia Indonesia bersama Sabah Tourism Board, berkunjung ke Mari-mari Cultural Village pekan lalu. Benedict Pulian sang pemandu, selama dua jam mengajak kami mengunjungi rumah demi rumah, melihat praktik pembuatan makanan dan minuman khas tiap suku—sekaligus mencicipi hasilnya, juga merasakan sambutan yang menegangkan dari suku pemburu kepala.

Tur diadakan tiga kali setiap hari, yakni pukul 10.00 ditutup dengan makan siang, pukul 14.00 ditutup dengan minum teh, dan pukul 18.00 ditutup dengan makan malam. Harga tiket masuk untuk wisatawan luar Malaysia adalah RM 85 (Rp 303 ribu). Yuk berkenalan dengan mereka:

(fay/fay)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA